Tarik Motor, Leasing Bisa Diadukan ke LOS DIY

  • 25 Februari 2013 15:45:22
  • 2128 views

Guna memberikan pelayanan pengaduan masyarakat dalam penyelengaraan etika bisnis bagi warga, LOS DIY tahun ini berencana mendirikan Posko Aduan di Kabupaten Kulonprogo, mengingat sampai saat ini jumlah aduan masyarakat masih rendah. Demikian dikatakan oleh Wakil ketua Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) DIY, Slamet Nursanto, SH,  dalam acara sosialisasi tugas dan fungsi LOS DIY, Senin, (25/02) di  Gedung Binangun I.
Dalam sambutan pembukanya, Kepala Bagian Organisasi Setda Kulonprogo, Drs. Yohanes Irianta, M.Si,  menjelaskan bahwa acara yang diselenggarakan oleh LOS DIY ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo dan dihadiri oleh unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kulonprogo. Acara ini bertujuan memberikan informasi mengenai tugas, fungsi dan wewenang dari LOS DIY, sehingga kedepan dari unsur PNS juga mampu berperan dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sehingga ada respon yang lebih positif .
Bupati Kulonprogo dalam sambutannya berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan kemanfaatan yang positif bagi masyarakat maupun pihak-pihak yang memiliki kepentingan, sehingga permasalahan atau sengketa yang terjadi dapat cepat diselesaikan dengan professional dan proporsional. Untuk itu saya berharap agar para peserta sosialisasi dapat mengguakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan dari kegiatan ini benar-benar dapat tersampaikan dengan baik.
Lembaga Ombudsman Swasta  (LOS) mempunyai fungsi pengawasan, mediasi dan memberikan rekomendasi penyelenggaraan praktek badan usaha dan usaha informal yang beretika dan berkelanjutan untuk menjamin dan melindungi kepentingan masyarakat dari praktek penyimpangan usaha dan mal praktek bisnis. Adapun wewenangnya adalah  menerima dan mengelola pengaduan dan informasi dari para pihak berkaitan dengan penyimpangan yang dilakukan oleh badan usaha dan atau usaha informal, mengklarifikasi bukti-bukti dan saksi-saksi yang terkait dengan penyimpangan yang dilakukan oleh badan usaha dan atau usaha informal, membuat rekomendasi berkaitan dengan penyimpangan yang dilakukan oleh badan usaha dan atau usaha informal yang menimbulkan keresahan/kerugian bagi masyarakat berdasarkan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan, memberikan rekomendasi kepada pihak pelapor dan terlapor dalam rangka memfasilitasi penyelesaian masalah di antara para pihak, serta untuk mendorong perbaikan tata kelola badan usaha dan atau usaha informal, semua rekomendasi yang dikeluarkan Ombudsman Swasta tembusannya disampaikan kepada Gubernur melalui Biro Hukum, dan mengumumkan hasil rekomendasi untuk diketahui masyarakat setelah mendapat kepastian hukum.
"Aduan atau sengketa selama ini kebanyakan berupa sengketa masyarakat dengan pihak leasing dalam urusan kredit sepeda motor misalnya menunggak angsuran dan sepeda motor ditarik. Dalam kasus seperti ini masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan LOS DIY ini sehingga nantinya bisa ditemukan solusi yang terbaik diantara pihak yang berurusan," kata Slamet Nursanto.***