221 RTLH di Kulon Progo Berhasil Diperbaiki dari Dana Non APBD

  • 24 Februari 2013 11:53:17
  • 2161 views

 

Sepanjang tahun 2012 lalu pemkab Kulonprogo telah berhasil membangun 221 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi rumah yang layak untuk dihuni. Dari jumlah tersebut tidak satupun biaya pembangunan dari anggaran pemerintah tetapi gotong-royong masyarakat yang mampu atau non APBD.

                Demikian dikatakan Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) di sela-sela kerja bhakti Bedah Rumah milik Slamet di pedukuhan Sebokarang desa Triharjo Kecamatan Wates, Minggu (24/2).

                Gotong-royong di rumah yang berbatasan dengan wilayah Kelurahan Wates ini juga diikuti Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo, Staf Ahli Bupati dr.Lestaryono, M.Kes serta pimpinan dan seluruh pejabat eselon yang mendapatkan giliran yakni Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi. Selain itu juga Camat Wates Dra.Sri Utami,M.Hum dan Lurah Wates Sigit Purnomo,SIP.

                Sedangkan rumah Slamet yang dibedah dan pembangunan telah mencapai 65persen ini memperoleh bantuan dana Rp.10 juta dari Paguyuban Pengentasan Masalah Sosial dan Kemiskinan Kulonprogo yang diserahkan salah satu pengurusnya Wuryanto,SH.

                "Selama tahun 2012 lalu yang setiap hari Minggu kita kerja bhakti Bedah rumah telah mampu memperbaiki 221 rumah yang semuanya tanpa danaAPBD tetapi dari gotong-royong masyarakat yang mampu kemudian peduli dengan warga yang masih miskin,"terang Hasto.

                Kepada Slamet, Hasto berpesan agar setelah menempati rumah yang layak untuk tekun dan bekerja keras serta hidup tidak boros atau berhemat. Hidup bisa sukses bukan karena mampu memperoleh pendapatan yang besar, namun hidup sukses kalau mampu mengatur pendapatannya.

                "Dalam hidup itu penghasilan yang diterima jangan lupa untuk sedekah, menabung, investasi misalnya dengan membeli ayam atau untuk bakulan,kemudian merubah gaya hidup tidak boros tapi hemat, hidup hemat, sederhana tapi tidak pelit,"ujar Hasto.

                Sementara itu Camat Wates  Dra.Sri Utami,M.Hum menjelaskan bahwa dalam awal tahun 2013 ini di wilayahnya rumah yang dibedah mencapai 4 unit termasuk milik Slamet yang dibedah.(MC)