Lomba Balap Sepeda di Alun-alun Wates

  • 04 Februari 2013 15:58:03
  • 2723 views

 

Lomba balap sepeda atau Jogja Bicycle Race 2013 akan digelar di Alun-alun Wates yang merupakan seri pertama pada Sabtu dan Minggu (16-17/2) mendatang. Pertandingan yang memperebutkan hadiah uang tunai, medali dan piala bergilir akan berlangsung 5 seri, setelah di gelar di Wates seri ke 2 di Sleman 27-28 April 2013, seri ke 3 di Wonosari 15-16 Juni 2013, seri ke 4 di Bantul 31 Agustus-1 September 2013 dan terakhir seri ke 5 di Kota Yogyakarta 26-27 Oktober 2013.

            Menurut Ketua Panitia penyelenggara Lomba Balap Sepeda Teguh Raharjo,SPd,MM kegiatan yang baru pertamakalinya dilatarbelakangi semakin banyaknya penggemar olahraga sepeda beberapa tahun ini dikalangan masyarakat yang diharapkan event yang digelar menstimulus para pecinta olahraga sepeda khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk tetap semangat dan menggunakan sepeda bukan hanya musiman atau sesaat.

            "Event ini diharapkan sebagai salah satu upaya mencari bibit-bibit berbakat untuk dapat berprestasi sehingga bisa menjadi duta bagi daerahnya masing-masing dalam kancah nasional,"kata Teguh dalam koneferensi pers di Media Center Kulonprogo, Senin (4/2).

            Teguh yang didampingi Sekretaris Pengprop Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Yogyakarta, Ir.Drajad Ruswandono,MT dan sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kulonprogo Rohedy Goenoeng P,S.Sos menambahkan event lomba yang digelar meliputi Criterium Race  yakni perlombaan balap sepeda kecepatan dengan sistem pengumpulan point dalam sebuah arena sirkuit yang menggunakan jalan raya di pusat kota atau alun-alun maupun stadiun dengan menggunakan sistem tutup penuh bagi lalu lintas umum.

            Kemudian Road race atau Circuit race dalam perlombaan ini peserta lomba berpacu untuk menyentuh garis finish terlebih dahulu dengan melalui rute yang telah ditentukan berputar mengelilingi wilayah kabupaten atau kota yang juga terbagi dalam beberapa kelas. Selain itu juga panitia akan menghibur peserta maupun masyarakat dengan live music, atraksi BMX atau FIXIE Show serta Modern Bike Dance.

            Adapun kategori lokal DIY untuk Criterium Race adalah Pemula A usia 13-14 tahun, pemula B usia 15-16 tahun, Kadet A usia 9-10 tahun, kadet B usia 11-12 tahun dan open non atlit usia 20 tahun ke atas. Sedangkan road race meliputi under 23, junior putra/putri, Pemula putra/putri, Master A usia 35-45 tahun, dan Master B usia 46 tahun ke atas.

            Sementara pendaftaran untuk peserta lokal DIY kategori kadet A dan B serta Pemula A dan B gratis. Untuk setiap seri Rp.50 ribu per peserta nomor criterium, Rp.100 ribu per peserta nomor road race dan Rp.125 ribu per peserta yang mengambil road race dan criterium. Pendaftaran paket untuk 5 seri Rp.200 ribu per peserta nomor criterium, Rp.300 ribu per peserta nomor road race dan Rp.500 ribu per peserta road race dan criterium. Biaya tersebut termasuk asuransi jiwa, snack dan souvenir.(MC)