Ribuan Wisatawan Hadiri Festival

  • 04 Februari 2013 15:09:00
  • 2703 views

Ribuan penggemar durian dari berbagai daerah memadati Festival Durian Menoreh dan Slondok di Pasar Bendo Desa Banjarjoya Kecamatan Kalibawang. Pengunjung tidak hanya datang dari DIY dan sekitarnya, bahkan dari Semarang, Jakarta.

 

Tim Pengelola Kegiatan Program Nasional Pemderdayaan Masyarakat Mandiri, Suryanto di Kalibawang, Minggu (3/2) mengatakan, panitia dan petani menyediakan sedikitnya 1.000 buah durian. "Kami tidak menduga jumlah pengunjung di acara festival ini sangat banyak. Mereka datang dari berbagai penjuru Jawa Tengah dan DIY, serta Jakarta," kata Suryanto.
Ia mengatakan, harga durian dalam festival ini paling murah Rp25.000 hingga Rp70.000 per buah.

 

"Penurunan hasil panen tahun ini sekitar 30 persen. Akibatnya, harga durian di Kalibawang melonjak naik, khususnya durian Menoreh Kuning dan Jambon," katanya. Hasil penen tahun ini kurang bagus karena bunga durian banyak yang rontok.

 

Diluar acara festival, kata dia, penggemar durian dari berbagai daerah langsung datang ke petani dan kepenjual durian dipinggir-pinggir jalan di Kalibawang. Dalam musim panen ini jumlah kunjungan wisatawan sedikitnya 250 orang per hari.

 

Wisatawan banyak memburu durian di daerah Kalibawang karena rasanya yang khas. Durian menoreh kuning dan jambon menjadi favorit wisatawan. Banyak wisatawan yang cukup puas dengan rasa durian yang dijual. Harganya yang murah, rasanya manis, legit dan daging tebal.

 

"Petani durian juga menjual hasil panennya di Pasar Jagalan dari 05.00 WIB hingga 09.00 WIB. Tenggulak durian membeli durian dengan harga yang telah ditetapkan," katanya.

 

Koordinator Desa Wisata Banjaroya, Rokhmadu Inuhayi mengatakan festival durian dan slondok Banjaroya adalah sebuah kegiatan sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalii peningkatan image produk-produk desa Banjaroya.

 

"Kegiatan ini juga dalam rangka kontrol kualitas dan harga durian demi kepuasan komsumen," kata dia. Salah seorang penjual Wadiyah mengatakan, harga durian yang dijualnya tidak mahal. Rasa durian dijamin enak dan penggemar durian tidak akan kecewa.
"Kami memberikan garansi, durian busuk tidak enak. Uang kembali atau ditukar dengan durian lainnya," kata dia.

 

Lokasi festival yang tidak luas, sedangkan jumlah pengunjungnya sangat banyak, menyebabkan pengunjung saling berdesakan. "Diharapkan kedepan panitia menyediakan tempat festival yang lebih representatif. Kami berdesak-desakan hanya untuk beli satu buah durian," kata salah seorang pembeli.(at.MC)