Desa Donomulyo Paling Banyak RTLH Di Kecamatan Nanggulan

  • 27 Januari 2013 14:18:27
  • 3077 views

Desa Donomulyo Kecamatan Nanggulan paling banyak ditemukan Rumah Yang Tidak layak Huni (RTLH), dari jumlah keseluruhan di seluruh wilayah Kecamatan 690 RTLH, 375 RTLH atau 53 persen di desa ini.

Hal tersebut dikatakan Camat Nanggulan Drs.Jazil Ambar Was'an, dalam Bedah Rumah milik Ngadiyo di Pedukuhan Jambon Rt.54 Rw.26, Minggu (27/1) yang memperoleh bantuan Rp.10 juta dari Yayasan Penanggulangan Masalah Sosial dan Kemiskinan.

Turut hadir Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Wakil Ketua DPRD Drs.Sudarto, Kadinas Budparpora Eko Wisnu Wardhana,SE, Kadinas Sosnakertrans Drs.Riyadi Sunarto, Kades Donomulyo Slamet,ST, Tagana dan masyarakat sekitar.

"Dalam jangka waktu satu tahun baru tergarap 16 unit rumah termasuk milik Bapak Ngadiyono yang dibedah ini, sehingga masih banyak lagi yang harus di entaskan, kepedulian dari Perusda SAK yang berada di desa Donomulyo telah juga banyak memberikan bantuan, termasuk pada saat ini,"terang Jazil Ambar.

Sedangkan Kades Donomulyo, Slamet,ST berharap pemkab Kulonprogo mampu memberikan lapangan kerja dengan memanfaatkan lahan kas desa seluas 11,5 hektar baik dengan pendirian pabrik maupun usaha lain yang nantinya akan mampu memberikan solusi dalam mengentaskan kemiskinan di wilayahnya.

Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), menyambut baik gotong -royong warga masyarakat yang telah mewujudkan pembangunan rumah milik Ngadiyono, serta akan berusaha untuk memenuhi permintaan pemerintah desa dalam pemanfaatan lahan kas desa sebagai usaha untuk mata pencaharian warga masyarakat Donomulyo supaya kedepan menjadi sejahtera.

"Terimakasih kepada pak Kades atas masukannya dan kami akan berusaha untuk mencarikan pengusaha yang bisa memanfaatkan tanah kas desa Donomulyo untuk mendukung sebagai mata pencaharian warga sehingga menjadi lebih sejahtera di masa depan,"kata Hasto.

Selain Bedah Rumah di Donomulyo, kegiatan yang sama juga dilakukan rumah milik ibu Sainem Cipto Utomo di pedukuhan Padaan Kulon desa Banjarharjo kecamatan Kalibawang.(MC)