Bupati Panen Lombok Di Lahan Tidur Sentolo

  • 27 Januari 2013 14:17:35
  • 3001 views

 

Di bawah guyuran hujan deras Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) Minggu pagi (27/1) melakukan panen cabai merah lahan tidur di lereng Gunung Ampo pedukuhan Jangkang Lor Desa Sentolo Kecamatan Sentolo.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Drs.Sudarto, anggota DPRD Drs.Kasdiyono, Kadinas Pertanian dan Kehutanan Ir.Bambang Tri Budi Harsono, Camat Sentolo Ir.Aspiyah,MSi dan Kades Sentolo Teguh.

                Zainal Arifin yang melakukan percobaan pengolahan lahan tidur dengan menanam Cabai Merah mengatakan lahan yang ditanamai seluas 2500 meter dengan 7300 batang varietas bibit TM-99. Penanaman dilakukan pada tanggal 1 Nopember 2012 dan panen setelah umur 90 hari.

"Penanaman Cabai Merah di musim hujan sangat bagus karena biaya produksi tidak banyak, sampai panen ini belum pernah di siram hanya dari air hujan, padahal kalau di daerah lain musim hujan tidak bisa tanam sedangkan di tanah berkapur cocok bahkan bisa mengurangi kerontokan,  dengan biaya perbatang sekitar Rp.3000,-  sampai Rp.3.500,- dan harga jual saat ini sekitar Rp.17.000,- maka jelas masih untung,"terang Arifin.

Ipink panggilan akrabnya berharap pemkab Kulonprogo dapat mengembangkan usaha budidaya Cabai Merah di lahan tidur berkapur yang masih banyak di jumpai di beberapa kecamatan untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat serta mengentaskan kemiskinan.

Sementara  Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) sangat bangga dan mengapresiasi dengan keberhasilan penanaman Cabai Merah di lahan tidur. Melihat kondisi wilayah sekitar uji coba yang masih banyak belum di manfaatkan secara optimal, apabila memang dalam perhitungan usaha budi daya Cabai Merah feasible atau menguntungkan dapat dikembangkan di wilayah lain.

"Masih banyak warga masyarakat kita yang miskin, untuk pemerintah desa melalui Kades bisa mengajak untuk turut serta menanam Cabai Merah ini,"pinta Hasto.(MC)