2013 PIK Remaja Akan Lebih Diberdayakan

  • 22 Januari 2013 14:51:26
  • 2300 views

Di tahun 2013, Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja di Kabupaten Kulonprogo yang berjumlah 40 kelompok dan terdiri dari 22 kelompok jalur sekolah dan 18 kelompok jalur non sekolah, akan lebih diberdayakan sehingga member manfaat positif bagi masyarakat khususnya para remaja dalam rentang usia 10 hingga 24 tahun. Upaya pemberdayaan ini akan dimulai dengan pemantapan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan pada pengurus PIK Remaja, pelatihan bagi calon Pendidik dan Konselor Sebaya, dan mendorong sekaligus menginisiasi pada PIK Remaja untuk mengadakan berbagai kegiatan kreatif yang menarik bagi remaja sehingga wadah ini menjadi wahana yang efektif untuk membekali remaja dengan kegiatan yang positif.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Kulonprogo Drs. R. Yudono Hindriatmoko saat ditemui di kantornya, Selasa (22/1). Ditambahkan oleh Yudono, dalam rangka upaya pemberdayaan PIK Remaja ini, pihaknya akan merangkul dan bekerja sama dalam pembinaan dan pendampingan dengan SKPD/Institusi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Polres, Kodim, Kantor Kemenag, Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD), Badan Narkotika Kabupaten (BNK), Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), dan lain-lain. Selain itu akan melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan Tim Aktivasi Kespro Kabupaten Kulonprogo dan Forum PIK Remaja Kabupaten Kulonprogo.


Ditemui terpisah, Ka Sub Bidang Advokasi Konseling dan Pembinaan KB dan Kesehatan Reproduksi Drs. Mardiya, menyatakan siap bekerja sama dengan SKPD/Institusi terkait untuk memberdayakan PIK Remaja sehingga keberadaannya betul-betul bermanfaat bagi remaja. Langkah awal yang telah ditempuh adalah penyusunan dan penyebarluasan Kumpulan Materi Kesehatan Reproduksi Remaja di SMA/SMK dan Sederajat sebagai panduan KIE bagi 40 PIK Remaja di Kabupaten Kulonprogo. Beberapa pembinaan/penyuluhan ke lapangan juga telah dilakukan di awal tahun 2013 ini antara lain ke SMA N 2 Wates, SMK N 1 Samigaluh dan SMK N 2 Pengasih. Sebelumnya juga telah dilakukan kunjungan pada kegiatan Outcaution yang diselenggarakan oleh PIK Remaja Sehati Desa Tawangsari di Boro Kalibawang serta pembinaan pada remaja se Desa Demangrejo, Kecamatan Sentolo.


Diinformasikan oleh Mardiya, hingga akhir Desember 2012, jumlah PIK Remaja di Kabupaten Kulonprogo ada 40 kelompok dengan rincian tahap Tumbuh 27 kelompok, Tegak 8 kelompok dan Tegar 5 kelompok. Dari total kelompok tersebut jumlah pengelola/pengurusnya sebanyak 201 remaja, Pendidik Sebaya (PS) 235 remaja dan Konselor Sebaya (KS) sebanyak 228 remaja.(mdy)