Bupati Kulon Progo Raih LOS Award

  • 11 Januari 2013 14:29:42
  • 1904 views
Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) meraih penghargaan "LOS AWARD" untuk kategori Kepala Daerah, dalam upaya penegakan etika usaha sektor swasta di DIY. Penyerahan penghargaan ‘LOS AWARD' 2012 berlangsung di Gedung Pracimosono, Kepatihan Yogyakarta, Kamis (10/01), oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda DIY, Drs. Sulistyo, SH.Cn.MSi.
Terkait prestasi tersebut Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) Jum'at (11/1) mengatakan bahwa Lembaga Ombusdman Swasta (LOS) DIY mengadakan penilaian terhadap pemda yang mempunyai komitmen tinggi dengan memberikan layanan publik oleh para pengusaha, dimana LOS memberikan penilaian swasta terhadap masyarakat sehingga ketika pengusaha, investor, swasta memberikan layanan kepada masyarakat maka yang ngontrol LOS, pemda sejauhmana memberikan kendali terhadap etika dalam berusaha antara investor, penanam modal dan pengusaha di Kulonprogo.
"Di Kulonprogo ini punya komitmen yang tinggi dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) yang terkait dengan Coorporate Social responsibilty (CSR), Perda terkait dengan Penanaman Modal, juga Perda yang mengatur jarak antara pusat perbelanjaan atau waralaba dengan pasar tradisonal,"kata Hasto.
Selain beberapa Perda tersebut menurut Hasto, action nyata juga telah dilakukan dilapangan dengan mengatur penggunaan dana CSR, melaksanakan one village one sister company , perusahaan swasta dapat dekat dengan orang miskin, agar mempunyai etika. Tidak kalah penting juga pemda memberikan contoh untuk bersih dan berwibawa dengan memberikan pelayanan kepada swasta sebaik-baiknya, tanpa pamrih apapun, sehingga dalam pelayanan swasta juga bersih.
Selain Hasto penghargaan juga diterima Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (DPD Hipmi) dari Asosiasi Pengusaha, dan kategori Media Massa adalah Surat Kabar Harian Jogja. Sedangkan perguruan tinggi yang memiliki kontribusi terbesar dan memiliki komitmen dalam mendukung program-program yang dilaksanakan oleh LOS, yaitu memakafkan ilmu termasuk pendanaan untuk pelaksanaan program-program lembaga, penghargaan ‘LOS AWARD' 2012, diraih Ketua Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII).(MC)