Bupati Tinjau Beberapa Rumah Miskin Korban Angin Ribut

  • 11 Januari 2013 14:25:38
  • 2677 views

Bupati Kulonprogo dr.h.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) pada pagi hari Jum'at (11/1)melakukan peninjauan lapangan terhadap rumah-rumah warga miskin yang tertimpa pohon karena terjadi angin ribut sehari sebelumnya. Kunjungan yang disertai Kadinas Sosial Dinsosnakertrans Kulonprogo Arief Prastowo,S.Sos,MSi sekaligus memberikan beberapa bantuan.

                Lokasi pertama rumah yang dikunjungi milik Ratini di pedukuhan Kepek desa Pengasih yang rumahnya tertimpa pohon jati . Ibu rumah tangga ini sempat  dilarikan ke rumah sakit karena luka di kepala dan tangan  dengan 15 jahitan di kepala dan luka di tangan dengan 10 jahitan, namun tidak opname. Ketika didatangi oleh Bupati dan menyampaikan bantuan , Ratini  masih tergolek di tempat tidur rumahnya.

                Hal yang sama juga menimpa rumah milik Suratiyem di pedukuhan Kalipetir Kidul desa Margosari, pohon jati di belakang rumah menimpa  rumah bambu milik lansia ini. Bahkan lebih parah lagi ketika meninjau rumah Sukijan yang masih satu Rt dengan Suratiyem, meski tidak terlalu parah kena pohon yang roboh, namun kondisi rumah yang hanya seukuran kandang sapi sangat mengenaskan.  Sukijan  tinggal sendirian di dalam rumah yang tanpa sekat  dan dinding berlubang dari bekas empyak ini.

                Menurut Camat Pengasih Santosa,SIP,MSi yang turut merima kunjungan Bupati tersebut jumlah rumah yang terkena angin ribut di wilayahnya yang dilaporkan kepada pemerintah kecamatan ada enam rumah, selain tiga lokasi yang dikunjungi Bupati,  warga lain yang terkena bencana angin ribut ini adalah milik Suraji di pedukuhan Klegen desa Sendangsari, Pujo Samijan dan Bambang di pedukuhan    Kepek desa Pengasih.

                Usai mengunjungi korban di kecamatan Pengasih,  Hasto meninjau dan memberikan bantuan kepada tiga rumah di wilayah Kecamatan Lendah. Dalam kesempatan itu Camat Lendah Drs.Sumiran juga memberikan bantuan kepada warga miskin yang terkena bencana angin yang rumhanya tertimpa pohon.  Rumah yang dikunjungi adalah milik Nasiran di pedukuhan Mirisewu desa Ngentakrejo, Suprono di pedukuhan Nglatihan desa Ngentakrejo dan Kardiwiyono di pedukuhan Pulo desa Gulurejo.  Bahkan ketika meninjau rumah Kardiwiyono pohon Jati masih berada tepat di atas rumah, hal yang sama juga di rumah Suprono yang tertimpa pohon randu di belakang rumahnya.

                Terkait dengan bencana angin ribut yang terjadi hampir merata di wilayah Kulonprogo ini, Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) turut prihatin terutama kepada warga yang perekonomiannnya belum beruntung atau masih di garis kemiskinan.

                " Dengan adanya bencana seperti ini menjadi beban warga yang miskin untuk membenahi rumahnya. Makanya kita berikan bantuan kepada yang miskin supaya tidak menambah KK miskin, jangan sampai menambah kembali jumlah warga miskin, bantuan diberikan untuk meringankan mereka agar tidak jatuh menjadi miskin, karena itu tugas pemerintah,"kata Hasto

                Selain memberikan bantuan kepada warga miskin, upaya yang dilakukan pemkab menurut Hasto juga mengatasi keadaan yang menganggu kegiatan-kegiatan publik seperti beberapa ruas jalan yang tertimpa pohon roboh melintang jalan disingkirkan supaya kembali lancar.(MC)