Musim Hujan Warga Hargotirto Kokap Waspadai Malaria

  • 10 Januari 2013 09:57:10
  • 4218 views

Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menginggatkan memasuki musim penghujan ini warga masyarakat di wilayah Kecamatan Kokap khususnya di desa Hargotirto untuk mewaspadai  berjangkitnya penyakit malaria. Meskipun  tidak banyak kasus seperti pada tahun-tahun yang lalu dimana Hargotirto terbanyak warga yang kena malaria, namun jangan terus terlena. Tindakan preventif tetap perlu dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, bantuan kelambu juga telah diberikan, kalau ada tanda-tanda segera saja diperiksakan.

                Hal tersebut dikatakan Hasto dalam acara bersih desa di pedukuhan Teganing 2 yang menggelar kesenian wayang kulit dengan dalang Ki Wisnu Hadi Sugito dengan lakon Semar Mbangun Kayangan yang juga menampilkan bintang tamu Yu Beruk dan Dalijo, Rabu (9/1)malam.

                Turut hadir Kadinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kulonprogo Eko Wisnu Wardhana,SE, Camat Kokap Drs.Agus Subagyo dan Kades Hargotirto Supardi.

                "Kasus malaria sudah turun tidak sebanyak beberapa tahun lalu, namun demikian bukan terus tidak terjadi wabah malaria, bisa saja kembali terjadi kalau kita tidak waspada, untuk itu sangat penting menjaga kesehatan, lingkungan yang bersih,"kata Hasto.

                Sedangkan terkait adanya permasalahan dalam  kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) merupakan kebijakan pusat yang  dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan pemda tinggal menerimanya. Namun demikian semua warga sebenarnya telah tercover dalam jaminan kesehatan, karena yang tidak memperoleh Jamkesmas dibantu oleh pemda Kulonprogo melalui Jamkesda tanpa kartu tinggal menunjukkan KTP atau KK.

                "Sebetulnya semua warga telah mendapatkan jaminan kesehatan, yang tidak mendapatkan Jamkesmas, bisa dilayani gratis dengan Jamkesda tanpa kartu cukup menunjukkan KTP atau yang belum punya dengan KK, dengan maksimal dibiayai Rp.5 juta dan kalau mondok di kelas 3, tolong kalau periksa sebelumnya bilang Saya pasien Jamkesda, jangan bilang setelah diperiksa biar memudahkan petugas yang melayani,"pinta Hasto.(MC)