Bersih Desa Kebonharjo Samigaluh Gelar Kesenian Tayub

  • 09 Januari 2013 19:10:39
  • 4694 views

Upacara tradisi Saparan banyak dilakukan oleh warga masyarakat di Kabupaten Kulonprogo. Pada hari Rabu (9/1) saja terdapat tiga tempat yang menggelar acara tradisional tersebut, seperti di Bendung Kayangan desa Pendoworejo Kecamatan Girimulyo dengan tradisi kembul sewu dulur dan nguyang jaran, sedangkan di Wonogiri, desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh warga ngarak gunungan tumpeng serta dimeriahkan lomba mengupas kelapa, teteplek, sesorah Jowo dan miru jarik.

                Sementara di lokasi balai desa Kebonharjo Samigaluh yang dihadiri Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) tradisi Saparan bersih desa dimeriahkan kesenian Tayub dari Bonosoro desa Jatirejo Lendah.     

           Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) sangat mengapresiasi kegiatan dalam rangka bersih desa dengan berbagai kesenian budaya yang merupakan tradisi jawa untuk dilestarikan seiring dengan telah di tetapkan Keistimewaan Yogyakarta. Bahkan prosentase terbesar dana keistimewaan nantinya akan dipergunakan untuk melestarikan seni budaya yang ada di DIY.(MC)