Bupati Lantik Pengurus Desa Budaya Pagerharjo Samigaluh

  • 06 Januari 2013 19:55:21
  • 5383 views

Di tengah hujan yang sangat lebat Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) melantik pengurus Desa Budaya Pagerharjo Kecamatan Samigaluh periode 2013-2017 di pedukuhan Plono, Minggu (6/1) sore.

                Pelantikan dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan Pemda DIY Drs.GBPH Yudhaningrat,MM, anggota DPRD DIY RYS Gunawan Handoyo,SH, dan Camat Samigaluh Drs.Ariadi,MM serta Kades Pagerharjo Dra.Keksi Wuryaningsih.

                Selain itu juga dimeriahkan berbagai potensi seni budaya  seperti penampilan kesenian Panembromo, tari Rampak serta Bangilun dan anak-anak SD Pagerharjo yang lincah memainkan seperangkat gamelan bantuan dari Dinas Kebudayaan DIY yang baru saja diterimanya. Sedangkan malam harinya di lokasi yang sama  juga di gelar pentas wayang kulit dengan lakon Wahyu Panca Manunggal oleh empat dalang masing-masing Ki Slamet suyanto (52), Ki Krisnanto (25), Ki Pairin (58) dan Ki Restu hermawan (18). Dalam kesempatan itu Kadinas Kebudayaan DIY Drs.GBPH Yudhaningrat,MM,juga melakukan pemotongan tumpeng.

                Kadinas Kebudayaan DIY Drs.GBPH Yudhaningrat,MM,  berharap seperangkat gamelan yang diterima dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tidak merasa bosan, sebagai upaya melestarikan budaya Jawa yang adiluhung karena telah banyak budaya dari luar yang merusak budaya kita.

                "Saya juga berterimakasih anak-anak SD sudah kelihatan potensi dalam olah seni dan budaya  semoga menjadi jiwanya dan niatnya untuk bisa melestarikan budaya Jawa, selain budaya juga anak-anak sopan santun terhadap orang tua sehingga bisa bermanfaat nantinya,"kata Yudhaningrat.

                Ke depan menurut Gusti Yudha juga anak-anak yang lain bisa ikut serta diberikan bimbingan dalam memainkan gamelan yang dukungan anggaran dana dapat di ambilkan dari dana keistimewaan melalui Perdais yang masih dalam proses saat ini di Kementerian Keuangan.

                Sedangkan Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K)  menyampaikan terimakasih atas bantuan seperangkat gamelan dari Pemerintah DIY yang sangat bermanfaat bagi masyarakat seni budaya di desa Pagerharjo serta sebagai upaya untuk melestarikan budaya Jawa.

                Sementara Suroto selaku penyelenggara mengatakan potensi seni budaya adat dan tradisi yang ada di wilayahnya meliputi Jathilan, Lengger, Bangilun, Kethoprak, karawitan anak, karawitan ibu-ibu, karawitan umum, sholawatan Jawa, wayang kulit, bersih desa, bersih dusun, baritan, suronan dan upacara adat 3 M (Metu, manten,Mati)

                Adapun susunan pengurus selengkapnya : Pelindung: Kades Pagerharjo Dra.Keksi Wuryaningsih, Penasehat :Ponijan,ST (Adat dan Nilai Tradisi), RYS Gunawan Handoyo,SH (Hukum dan Peradaban) Dwi Suyamto WS,SPd,MSn (Seni dan Budaya), Ketua I YB Sarjo BA, II. Suroto, III.Subardi, Sekretaris I Edi Suyanto MC,SPd, II. Sugiarto, Bendahara I Suwardi, II P.Suparlan serta dilengkapi  seksi-seksi.(MC)