Jadikan Al Quran Sebagai Ruh Dalam Pikiran Ucapan dan Tindakan Generasi Muda

  • 31 Oktober 2012 15:32:18
  • 1738 views

Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) dalam sambutan terlulisnya pada acara pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Rabu (31/10) mengajak generasi muda di Kulon Progo agar menjadikan Al Quran sebagai ruh dalam berpikir berucap dan bertindak. Karena di dalam Al Quran terkandung ilmu pengetahuan dan pesan-pesan moral yang dapat dijadikan inspirasi dalam kehidupan sehari hari.


Yang lebih penting lagi penyelenggaraan MTQ ini hendaknya lebih mendorong umat Islam untuk lebih semangat mempelajari, menghayati dan selanjutnya mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari, tambah Hasto.


Kegiatan pembukaan MTQ tingkat Kabupaten ini dileselenggaran Rabu (31/10) bertempat di Komplek Pendopo Kecamatan Panjatan. Disaksikan segenap tamu undangan dan ratusan kafilah peserta MTQ secara simbolis MTQ dibuka dengan pemukulan bedhuk oleh Wakil Bupati Drs. H. Sutedjo.


Sebelum dimulai acara pembukaan digelar bazaar oleh PKK Desa se Kecamatan Panjatan dan pawai ta'aruf khafilah peserta MTQ. Pawai ta'aruf mengambil start di SPM 1 Panjatan, Koromil Panjatan dan berakhir di Komplek Pendopo Kecamatan Panjatan tempat diselenggarakannya pembukaan MTQ. Pembukaan diawali dengan penampilan Hadroh Suro Yudo dari Desa Pleret Panjatan

.
MTQ diikuti oleh 380 kafilah dari 12 kecamatan dengan memperlombakan lima cabang perlombaan yang terbagi dalam dua kategori dan 3 kelas. Kategori putra dan puteri dengan kelas anak, remaja dan dewasa. Cabang perlombaan tersebut antara lain cabang Tilawah dan Tartil, cabang Tahfids dan Tafsir, cabang MSQ , cabang MFQ serta Cabang Khot.


Drs. Sarajan, M.Si selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan tujuan penyelenggaraan MTQ ini sebagai sarana peningkatan keimanan umat Islam dan mendorong generasi muda untuk memahami Al Quran. Selain itu juga untuk peningkatan ukuwah islamiah dan pencarian bibit unggul untuk maju MTQ tingkat DIY tahun 2013.


Dalam kesempatan itu pula sebelum perlombaan dimulai wakil Bupati Drs. H Sutedjo melantik Dewan Hakim dan menyerahkan piala bergilir dari juara umum MTQ tahun lalu Kecamatan Sentolo kepada panitia penyelenggara untuk dapat diperebutkan kembali.(zi-mc)