Bupati dan Wabup Sholat Ied di Alun-alun Wates

  • 29 Oktober 2012 08:40:05
  • 2696 views

Sholat Iedul Adha di Alun-alun Wates, Jum'at (26/10) diikuti ribuan muslim warga Wates dan sekitarnya dengan Imam Jumarin,MPd dan khotib dosen ITB Dr.Ir.Agung Harsoyo,MSc,M.Eng. Nampak juga Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG (K) beserta istri dr.Hj.Dwikisworo Setyowireni,Sp.A(K), dan Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo.


Dr.Ir.Agung Harsoyo,MSc,M.Eng, dalam khotbahnya mengatakan berkorban akan menumbuhsuburkan rasa cinta dan kejujuran yang menjadikan kerja kita ikhlas sehingga bermakna dunia akhirat. Nilai-nilai inilah yang menjelaskan mengapa bangsa besar dapat dan terus memimpin di atas bangsa lain.Hanya mereka yang mau bekerja dalam rentang yang panjang (endurance,tenacity),dan terus menerus berkorban dengan cinta kejujuran yang akan mampu bangkit dari keterpurukan kemudian kembali memimpin dunia.Itulah satu-satunya jalan kebangkitan umat muslim kapanpun dan dimanapun berada.


"Melalui peringatan Idul Adha mari kita jadikan momentum untuk bangkit membebaskan diri kita dari keserakahan dan kebakhilan,kesedihan dan ketakutan,kelemahan dan ketidakberdayaan,egoisme dan perpecahan. Mari kita bangkit dengan semangat kerja keras kerja cerdas kerja tuntas kerja ikhlas dan pengorbanan tanpa henti,melupakan masalah kecil dan memikirkan serta merebut peluang besar bagi kejayaan umat dan bangsa kita, Mari kita bangkit dengan kepercayaan optimisme penuh bahwa islam adalah masa depan manusia dan bahwa masa depan adalah milik islam, kita bangkit dengan semangat dan keyakinan penuh bahwa kita dapat memimpin umat manusia kembali jika mau bekerja keras, bekerja cerdas,bekerja tuntas,ikhlas dan berkorban demi cita-cita besar kita,"kata Agung.


Usai sholat Bupati menyerahkan hewan Qurban seekor Sapi kepada PHBI Alun-alun Wates, sedangkan sehari sebelumnya Kamis Sore (25/10) Bupati juga menerima 5 ekor Sapi di rumah dinasnya dari PT.Petrakonsulindo Utama Jakarta. Bantuan diserahkan langsung Dirut Perusahaan yang bergerak di bidang konsultan perminyakan Ir.Hj.Daisy Ariati yang keesokan paginya juga turut serta sholat Ied di Alun-alun Wates. Kelima sapi tersebut didistribusikan di pedukuhan Kroco desa Sendangsari Kecamatan Pengasih, dusun Geden,desa Sidorejo Kecamatan Lendah, dusun Papah desa Kalirejo Kokap, desa Banjaran desa Giripurwo Girimulyo dan dusun Kenteng desa Demangrejo Sentolo. Sore itu juga Bupati menyerahkan 5 ekor sapi kepada masing-masing Camat yang menerima hewan Qurban, dan sekaligus Hasto menyerahkan 4 ekor kambing yang merupakan hewan Qurban dari keluarganya.


Sedangkan Wabup Drs.H.Sutedjo berqurban kambing di Masjid An Nuur di pedukuhan Temanggal desa Wijimulyo Nanggulan di tempat kelahirannya serta turut serta qurban Sapi berkelompok.


Bupati juga menyempatkan diri meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban di kompleks Masjid At Taubat Wates, Masjid Jami' Wates, Masjid Al Manar Wonosidi dan Masjid Agung Wates serta di Samigaluh.
Meski harga hewan Qurban terutama Sapi naik tajam dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun niat untuk berqurban tidak surut beberapa tempat di pelosok desa hampir semua melakukan penyembelihan hewan Qurban baik sapi maupun kambing lebih dari satu ekor.(mc)