Delapan Dalang Cilik Hibur Masyarakat Kulon Progo

  • 19 Oktober 2012 09:31:32
  • 4920 views

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo yang ke-61 tahun 2012 salah satu kegiatannya adalah parade dalang cilik. Parade diikuti delapan dalang cilik dari wilayah Jogjakarta, yang rata-rata usianya di bawah 13 tahun. Ribuan pelajar dan masyarakat umum yang baru saja mengikuti lomba Lari Manunggal tampak antusias menyaksikan parade yang digelar kemarin Kamis (18/10).


Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada dalang cilik di wilayah Jogjakarta untuk menunjukan bakat dan mengasah ketrampilannya dalam memainkan wayang. Disamping itu sekaligus untuk melestarikan kebudayaan wayang kulit yang merupakan asset budaya jawa dalam rangka pendidikan karakter bangsa.


Kepala Dispudparpora Kabupaten Kulon Progo Eko Wahyu Wardana, SE mengatakan, "Selain untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Kulon Progo, parade dalang cilik ini sekaligus memberikan kesempatan dalang cilik yang berada di Jogjakarta untuk berlatih mempersiapkan diri mengikuti festifal dalang cilik dan remaja tingkat propinsi yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat". "Dengan digelarnya parade ini diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta budaya bangsa kepada anak-anak dan remaja," imbuh Eko.(mc)