Senam Angguk. Diikuti 3500 Pelajar, Bagian Spirit Bela Beli Kulon Progo

  • 16 Oktober 2012 14:08:11
  • 3669 views

"Pementasan senam angguk pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo sebagai bagian spirit Bela dan Beli Kulon Progo" demikian dikatakan Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo. Bertempat di Alun-Alun Wates, Senin(15/10).

"Kenapa kita tidak mengangkat produk lokal kita?" kata Hasto. Yang dilakukan saat ini adalah mencoba membuat tari angguk yang sudah dianggap khas Kulon Progo. "Kemudian kita konversikan ke senam" tambahnya.

Pementasan senam angguk ini merupakan "soft launching". Sebagian masih menonjol unsur tari, akan lebih kita tonjolkan sisi senamnya. Sehingga senam ini semakin mudah direplikasi. Dan nantinya akan dikukuhkan jadi senam angguk Kulon Progo.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Eko Wisnu Wardhana,SE mengatakan: "Memang sengaja diciptakan sederhana, agar mudah dilaksanakan. Dan ini baru soft launching, akan dirubah sebagian, gerakannya perlu dikritisi. Yang terpenting adalah bagaimana menciptakan senam berbasis filosofis Kulon Progo. "

Diikuti 3.500 peserta yang terdiri dari siswa SD/SMP/SMA olah raga yang ada di Kabupaten Kulonprogo. Dengan durasi sekitar 20 menit. Semua peserta tampak antusias melalukan senam angguk. (MC)