Bupati Terima Kunjungan Tim Wahana Tata Nugraha

  • 12 Oktober 2012 14:25:26
  • 2169 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menerima kunjungan Tim Penilai Tingkat Nasional Penghargaan "Wahana Tata Nugraha" yang dipimpin oleh Ir.Totok Nur Wicaksono,M.Sc.. Bertempat Gedung Joglo Pemkab Kulon Progo, Kamis (11/10).

Didampingi Dishubkominfo Propinsi DIY, KAPOLRES Kulon Progo dan Kepala Kepala Dinas Hubkominfo Kabupaten Kulon Progo, Kepala KPT, dan perwakilan dari beberapa instansi terkait. Dalam kesempatan ini Bupati mendengarkan penjelasan dari tim penilai dari Kementerian Perhubungan.

Totok menjelaskan: "Wahana Tata Nugraha adalah penilaian terhadap sarana dan prasarana trayek, jalan, halte, rambu-rambu APILL, kondisi parkir, trotoar dan beberapa pelayanan kepada masyarakat di bidang perhubungan".

Disampaikan, yang paling penting dalam penilaian ini adalah peningkatan kinerja instansi. Penilaian akan bernilai tinggi bila kinerja meningkat. Tim sudah ke lapangan meskipun hanya dilaksanakan dalam waktu singkat yang tentu saja tidak dapat melihat keadaan seutuhnya sehingga masih perlu masukan dan penjelasan dari Pemkab.

Secara sekilas tim mempresentasikan hasil pemotretan dan menunjukkan kondisi di lapangan dan menyampaikan yang seharusnya.

Tahapan pertama kegiatan penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah Segi Administrasi, Teknis Operasional dan Komitmen Kepala Daerah.

Tahap kedua, Hasil survey di lapangan.

Beberapa yang dinilai antara lain kondisi terminal bus, trotoar, pemasangan reklame, zebra cross dan beberapa sarana lain yang ada di Kulon Progo. Juga disampaikan beberapa hal yang perlu pembenahan.

Dalam sambutannya Bupati sangat berterima kasih atas kedatangan dan penilaian ini, yang merupakan pembinaan, sekaligus sebagai media evaluasi bagi Pemkab Kulon Progo.

Disampaikan bahwa Kota Wates saat ini sudah didaftarkan sebagai Kota yang Hijau dan Resik satu satu dari 60 kota/kabupaten lain di Indonesia. Wates memang kota kecil dengan anggaran yang terbatas. Mulai tahun ini kontainer sampah kuning diganti menjadi tempat sampah yang diambil petugas setiap hari sehingga pada akhir tahun ini tidak ada lagi kontainer kuning. Selain itu juga kami canangkan libur wur-wur (libur untuk menanam pohon) bekerjasama dengan Bank Pasar.

Untuk trotoar sudah direncanakan dalam APBD untuk mengganti trotoar dengan batu andesit. Yang sekaligus untuk memasarkan produk batu andesit produksi asli Kulon Progo.

Sedangkan Kapolres Kulon Progo, menyampaikan beberapa kegiatan pemberian penyadaran kepada masyarakat yang dilakukan. Dengan Program Satu Sekolah Dua Polisi (SSDP) untuk memberikan pembekalan siswa di sekolah pada jam kosong sehingga tidak mengganggu pelajaran. Commander ways mulai jam 06.30 WIB di seluruh jalan utama.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kulon Progo Triyono,S.IP, M.Si, juga menegaskan, bahwa Tim dari pusat yang dipimpin Ir.Totok ini untuk menilai kondisi di Kulon Progo terkait dengan Penghargaan "Wahana Tata Nugraha".(MC)