Diklatpim IV Kabupaten Sukabumi Orientasi Lapangan di Kulon Progo

  • 11 Oktober 2012 15:16:12
  • 2996 views

Sebanyak 40 orang peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Kabupaten Sukabumi melakukan kunjungan di Kabupaten Kulon Progo. Kunjungan dalam rangka Observasi Lapangan ini diterima Asisten Administrasi Umum Drs. Djoko Kus Hermanto, M.M dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kulon Progo Drs. Djulistiyo, di Gedung Kaca Kamis (11/10). Hadir pula kepala DPPKA, DPU, Sekretaris Desan dan Bappeda yang menjadi sasaran observasi.


Rombongan yang terdiri dari lurah, kasi, kasubid dan kasubag organisasi pemerintah daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi ini direncanakan selama dua hari. Rombongan tiba di Kulon Progo Rabu (10/11) malam langsung menuju King Hotel tempat menginap. Pagi harinya Kamis (11/10) peserta diklat diterima pemda Kulonprogo di Gedung Kaca.


Setelah dipenerima pemerintah daerah Kulon Progo, kegiatan dilanjutkan tanya jawab peserta diklat dengan kepala SKPD yang menjadi objek observasi. Peserta diklat dibagi empat kelompok sesuai locus yaitu DPPKA, DPU Sekretaris Dewan Dan BAPPEDA. Tanya jawab ini dilakukan untuk memperoleh gambaran riel penyelenggaraan pelayanan publik di kabupaten Kulon Progo. Selain itu juga untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan serta membandingkan antara teori dan pelaksanaan di lapangan. Dari hasil tanya jawab teridentifikasi permasalahan yang akan dijadikan bahan untuk seminar malam harinya di hotel tempat mereka menginap.


Seperti yang disampaikan Bupati Sukabumi H. Sukmawijaya dalam sambutan terlulisnya . "Kurikulum diklat pim IV ini terdapat materi observasi langan, yaitu dalam rangka menyamakan persepsi terhadap teori yang didapat selama mengikuti diklat dengan kenyataan di lapangan". "Dan diharapkan mampu memberikan dukungan optimal untuk menyelesiakan tugas pendidikan." tambah Sukmawijaya.


Ketua rombongan Drs. Aziz Min Alamsjah, M.Si mengatakan dari hasil obsevasi ini diharapkan nantinya bisa mengambil kebijakan untuk menciptakan sinergitas atara pemerintah, kalangan dunia usaha dan masyarakat yang menjadi modal utama terbentuknya pemerintah yang baik.


Sedangkan Bupati kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo. Sp.OG (K) dalam sambutan tertulisnya mengatakan salah satu kunci penyelenggaraan pemerinah yang bersih adalah berjalannya pengawasan internal pada birokrasi pemerintah. "Pengawasan intern pemerintah merupakan salah satu unsur manajemen pemerintah yang penting dan strategis dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik".


Diklat Kepemimpinan IV Kabupaten Sukabumi diikuti pejabat struktural eselon IV. Pejabat eselon IV merupakan jabatan yang sangat strategis dalam meningkatkan dan mendongkrak kinerja organisasi dengan melaksanakan fungsi-fungsi leadership manajerial.(mc)