Dandim Pimpin Upacara Pembukaan TMMD Ke-89 di Kulon Progo

  • 11 Oktober 2012 08:01:12
  • 2223 views

Dandim 0731 Kulonprogo, Letkol (Inf) Tommy Siagian memimpin upacara pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Ke-89 Tahun 2012 Wilayah Kabupaten Kulon Progo, Rabu (10/10). Bertempat di Lapangan Desa Garongan Kecamatan Panjatan, dihadiri oleh Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo, Forkompinda tamu undangan dan berbagai lapisan masyarakat.

"Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa kita tingkatkan Sinergitas dan kerjasama antara TNI Polri Lembaga kementerian/LPNK Pemda dan segenap komponen Masyarakat untuk Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Pedesaan Menuju Masyarakat yang damai dan sejahtera" katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan TMMD ini serentak dilaksanakan di 61 wilayah kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. Diharapkan kegiatan TMMD yang telah memasuki tahun ke-33 tahapan ke-89 ini betul-betul menyentuh perbaikan kehidupan masyarakat di daerah sehingga roda kehidupan semakin baik.

Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan, dilanjutkan laporan pelaksanaan kegiatan dengan sasaran pokok meliputi pembuatan cor blok Jalan, pembuatan gardu ronda, Penyempurnaan Masjid Baiturrohim dan Pembuatan Talud 40 m.

Untuk sasaran tambahan terdiri pemberian bantuan Bibit Pohon dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kulon Progo, bantuan dari Kementrian Agama Kulon Progo berupa Al-Qur'an, bantuan Jambanisasi dari Dinas Kesehatan dan Jambanisasi Swadaya Masyarakat.

Sedangkan untuk sasaran non fisik dengan memberikan bimbingan penerangan dan penyuluhan kepada masyarakat dalam bidang pembinaan mental dan agama, penyuluhan anatomi terorisme dan kamtibmas, penyuluhan narkoba, kenakalan remaja dan penyakit masyarakat, penyuluhan tentang bela Negara (PKBN) dan wawasan kebangsaan, perilaku hidup sehat, penyuluhan dan pelayanan KB dan Kegiatan khusus/ hiburan.

Pemukulan kentongan oleh Dandim 0731 Kulon Progo dan Wakil Bupati menandai dimulainya TMMD ke-89. Dilanjutkan dengan penyerahan Al-Qur'an dan bibit pohon kepada masyarakat secara simbolis.

Upacara ditutup dengan penampilan drumb band dan sholawatan, dilanjutkan survey lokasi TMMD. (MC)