PIK R Sehati Juara II Cerdas Cermat Kependudukan

  • 08 Oktober 2012 09:44:25
  • 3215 views

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Sehati Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, dengan timnya Widyayanti, Dyah Fiharjatin dan Anna Satiti berhasil merebut predikat Juara II Lomba Cerdas Cermat Kependudukan bagi PIK Remaja Jalur Sekolah/Non Sekolah Se-Provinsi DIY dalam rangka Hari Kependudukan Dunia Tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Koalisi Kependudukan dan diikuti oleh 75 peserta dari 25 kelompok PIK Remaja dari Kabupaten/Kota se Provinsi DIY. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Masri Singarimbun kompleks UGM pada hari Minggu (7/10) ini dibuka oleh Ketua Penyelenggara GKR Pembayun dan dihadiri oleh Ketua Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Provinsi DIY Dr. Agus Heruanto Hadna, M.S, Kepala Perwakilan BKKBN Dra. Condrorini, M Kes, dan para Pembina PIK Remaja yang mengikuti lomba.


Atas kemenangan tersebut, Ketua PIK Remaja Sehati Nita Arfianti yang didampingi Pembina PIK R dari BPMPDPKB Kabupaten Kulonprogo Drs. Mardiya menyatakan kegembiraannya. Apalagi PIK R ini bersaing ketat dengan PIK R Lentera Merapi yang tahun ini berpredikat sebagai Enam besar PIK R Terbaik Tingkat Nasional sehingga harus ada tambahan beberapa pertanyaan untuk menentukan yang terbaik. Ini menunjukkan bahwa ke depan, PIK R Sehati siap bersaing dengan PIK R di level provinsi maupun nasional. Nita menambahkan, persiapan yang mendadak dan ketergesa-gesaan timnya saja yang menyebabkan kalah bersaing dengan PIK R Lentera merapi, karena beberapa jawaban telah dilontarkan sebelum pertanyaan selesai sehingga jawaban sebenarnya tidak sesuai dengan pertanyaannya. Tapi ia menganggap ini sebagai prestasi terbaik kelompoknya untuk kegiatan ini, dan ia mengharapkan di tahun-tahun mendatang hasilnya akan lebih baik.


"Di babak penyisihan untuk menentukan yang terbaik di tingkat Kabupaten/Kota, sebenarnya nilai PIK R Sehati adalah yang terbaik karena mencapai 90 sementara PIK R Lentera hanya 87,5 dan kelompok PIK R dari Bantul, Kota dan Gunungkidul berada jauh di bawahnya, Namun pada saat babak final, PIK R Sehati yang sempat mengumpulkan nilai sama dengan PIK R Lentera Merapi sebanyak 800, harus mengakui kehebatan lawan setelah dilontarkan empat pertanyaan tambahan. Sebuah lomba yang cukup menegangkan, kata Nita.(mdy)