Pemindahan Makam Nagung Telah Selesai Semua

  • 08 Oktober 2012 08:23:26
  • 1399 views

Pemindahan makam Nagung ke makam yang baru di desa Tayuban pada hari Minggu (7/10) telah selesai semua. Kerja bhakti warga masyarakat pada hari itu untuk menyelesaikan 25 makam ahli waris yang sejak dilakukan pemindahan sebelum bulan puasa lalu hingga beberapa bulan belakangan ini sudah tidak ada keluarga yang merasa memiliki leluhur di makam tersebut. Meski tidak ada yang mengaku, namun panitia tetap memindahkan dan membuat peta lokasi sehingga kalau ada keluarga yang mencari tidak mengalami kesulitan.


Hal tersebut dikatakan Ketua Panitia Pemindahan Makam, Wiyono di sela-sela kerja bhakti di makam baru desa Tayuban saat menerima kunjungan Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dan Wabup Drs.H.Sutedjo serta rombongan yang sekaligus turut serta gotong-royong meranting tanah untuk meratakan beberapa bagian di sisi kanan kiri batu nisan.


"Pemindahan makam telah diawali pada bulan Ruwah sejumlah 609 makam, dan masih sisa 168 makam yang diselesaikan secara bertahap sampai hari ini selesai semua seratus persen,"kata Wiyono.


Wiyobno menambahkan dengan telah selesainya pemindahan seluruh makam, direncanakan pada Sabtu (26/10) pukul 10.00 WIB akan digelar kenduri bersama yang mempunyai ahli waris di lokasi makam baru, dan malamnya pengajian oleh Kyai Abdul Bashir dari Kutoarjo.


  Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan terima kasih atas gotong-royong warga masyarakat sehingga bisa selesai semua dalam pemindahan makan Nagung di Tayuban. Sehingga lokasi yang sebelumnya kotor diharapkan nanti bisa bersih, dengan taman yang indah nyaman, dan untuk jualan juga lokasinya bersih.(mc)