256 Calhaj Kulon Progo Dilepas Hasto Wardoyo ke Tanah Suci

  • 01 Oktober 2012 14:17:55
  • 1403 views

Kegiatan pelepasan calon jamaah haji merupakan salah satu wujud syiar kepada masyarakat untuk memotivasi dan mendorong pelaksanaan rukun Islam yang ke lima, sekaligus mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antara calon haji sehingga dapat mendukung kelancaran dan kesempurnaan ibadah di tanah suci. Demikian diungkapkan Bupati Kulonprogo, dr. H. Hasto Wardoyo, SpOG(K) saat melepas jamaah haji Kulonprogo yang akan berangkat ke asrama haji Donohudan, Solo di Masjid Agung Kulonprogo, Senin (1/10).

Dalam kesempatan tersebut Hasto mengkritik jamaah haji dimana jamaah selalu berdoa untuk menjadi haji mabrur, tetapi tidak mau mengimplementasikan doa tersebut pada kehidupan sehari-hari, bahkan saat masih di tanah suci.

"Misalnya saat antri makanan di tanah suci ada jamaah yang tidak sabar, atau merasa menang dari orang lain jika mendapat bagian makanan yang lebih banyak," tuturnya memberi permisalan.

Untuk itu, Hasto berharap agar calon jamaah haji yang akan berangkat kali ini mampu mengimplementasikan doanya dalam kehidupan sehari-hari. Jika ingin menjadi haji mabrur, maka lakukanlah hal-hal yang menunjukkan ciri-ciri haji mabrur.

Jamaah yang berangkat dari Kulonprogo berangkat dari Masjid Agung Kulonprogo dengan mengendarai 6 bis. Jamaah haji yang berangkat dari Kulonprogo berjumlah 256 orang, dengan rincian 127 laki-laki dan 129 perempuan. Calon jamaah yang berangkat haji dari Kulonprogo tersebut terbagi dalam 2 kloter pemberangkatan, yaitu kloter 38 SOC sejumlah 241 jamaah, berangkat 1 Oktober dan rencana pulang tanggal 12 November 2012. Jamaah yang lain berangkat pada kloter 39 berjumlah 15 orang berangkat tanggal 1 Oktober dan rencana pulang tanggal 13 November 2012. (mc)