Hadapi Lebaran Pemerintah Siapkan Raskin 13

  • 30 Juli 2012 13:48:18
  • 1613 views

Untuk memenuhi kebutuhan sembako khususnya warga masyarakat miskin di Hari raya Idul Fitri mendatang dan mengatasi lonjakan harga beras, maka pemerintah pusat akan memberikan raskin 13.


Seno dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) Provinsi DIY mengatakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat miskin pada saat Lebaran serta mengantisipasi adanya lonjakan harga beras maka pemerintah melalui Menkokesra menggeluarakan kebijakan Raskin ke-13. Pemerintah pusat berharap sebelum Idul Fitri telah dibagikan kepada masyarakat namun semuanya tergantung kebijakan dari daerah masing-masing.


"Pemerintah pusat melalui Menkokesra ada kebijakan tentang tambahan raskin ke-13 yang diharapkan diterima sebelum Lebaran, namun kebijakan itu tergantung daerah yakni propinsi beserta kabupaten/kota, untuk antisipasi kebutuhan pokok saat lebaran mendatang, tetapi masih menunggu kebijakan dari Propinsi,"terang Seno, Senin (30/7) di Aula Dinas Sosnakertrans Kulonprogo, dalam rapat koordinasi raskin bulan Agustus.


Pertemuan dihadiri Kabid Sosial Dinsosnakertrans Kulonprogo, Arief Prastowo,S.Sos,MSi, Bulog DIY Nono Sukrono, Tim raskin Kabupaten dan kecamatan.


Sementara Kabid Sosial Dinsosnakertrans Kulonprogo, Arief Prastowo,S.Sos, MSi,mengatakan dalam bulan Agustus ini masih ada tiga kecamatan yang menyelesaikan distribusi raskin bulan Juli lalu yakni Senin (30/7) Kecamatan Sentolo ((31/7) Pengasih dan terakhir (1/8) Kecamatan Samigaluh. Kemudian langsung akan disusul untuk distribusi bulan Agustus. Sehingga terkait distribusi raskin ke-13 , apakah akan didoubel bulan Agustus, masih menunggu surat Gubernur tentang Pagu raskin untuk kabupaten/kota yang biasanya kuotanya sama seperti di bulan-bulan sebelumnya.
Sedangkan terkait evaluasi distribusi raskin bulan Juli yang telah disalurkan di beberapa kecamatan,terdapat beberapa permasalahan diantaranya ketepatan waktu, karena ada titik distribusi yang sampai lokasi baru jam 4 sore. Sehingga diharapkan Bulog untuk lebih tertib dalam hal waktu sampai ke titik distribusi.


"Mohon untuk Bulog distribusi raskin sampai titik lokasi menepati waktunya jangan sampai lama warga menunggu baru sore hari jam 4 datang seperti di desa Jangkaran,"pinta Drs.Bunyamin, Kasie Kesra Kecamatan Temon.


Terkait dengan raskin ke-13, Nono Sukrono dari Bulog DIY, siap untuk menyalurkan raskin sebelum Lebaran, sedangkan untuk ketepatan distribusi diakui terkendala transportasi yang mengalami kerusakan, namun untuk bulan mendatang akan menjadi perhatian.


Namun demikian beberapa yang hadir merasa keberatan dengan adanya raskin ke-13 yang disalurkan bersamaan dengan distribusi bulan Agustus atau dua kali sekaligus dalam satu bulan, karena masyarakat dalam menghadapi lebaran banyak dan bermacam-macam kebutuhannya tidak hanya beras semata.


  Sementara itu jadwal distribusi raskin bulan Agustus diawali hari Kamis (2/8) Kecamatan Girimulyo, (3/8) Wates, (6/8) Lendah, (7/8) Panjatan, (8/8) Galur, (9/8) Kalibawang dan Temon, (10/8) Nanggulan, (13/8) Kokap, (14/8) Sentolo, (15/8) Pengasih dan terakhir Kamis (16/8) Samigaluh.(mc)