Bupati : Kulon Progo Akan Dijadikan Kota Satelit Pendidikan dan Industri

  • 25 Juli 2012 13:15:34
  • 2735 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan bahwa kedepan Kulon Progo akan dijadikan Kota Satelit Pendidikan dan Industri. Demikian dikatakan Bupati saat menerima audiensi dari Prof.Dr.Ir.H.Chafid Fandeli Ketua Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan (STTL) Yogyakarta, di Ruang Kerja Gedung Joglo Pemkab Kulon Progo, Rabu (25/7). Hal tersebut menanggapi rencana kerjasama dan permohonan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo tentang rencana STTL Yogyakarta yang akan mengembangkan kampusnya di Kabupaten Kulon Progo.


Ketua STTL menyampaikan saat ini STTL Fakultas yang sudah ada yaitu Fakultas Teknik Lingkungan yang bertempat di Yogyakarta.


Tahun 2012 ini STTL merencanakan pengembangan dua fakultas di Kabupaten Kulon Progo. Fakultas Teknik Sumberdaya Alam meliputi S1 Teknik Kelautan, S1 Teknik Pertambangan, dan D3 Teknik Konversi Energi. Fakultas Teknik Industri meliputi S1 Teknik Industri, S1 Teknik Informatika dan D3 Teknik Pangan. Saat ini masih mencari lokasi yang tepat untuk pengembangan tersebut, dan lokasi yang dipilih adalah Kabupaten Kulon Progo.


Bupati menyatakan bahwa Kulon Progo sangat mendukung rencana tersebut, dan siap membantu. Saat ini kampus yang sudah ada yaitu IKIP PGRI Wates, UNY, dan UJB. Jika akan mengembangkan kampus, Bupati mempersilahkan memilih tempat yang sesuai, dan mengharapkan sebisa mungkin untuk memanfaatkan lahan yang tidak produktif.


Kota Yogyakarta saat ini sudah padat, sehingga untuk pengembangan pendidikan dan industri akan kesulitan. Menanggapi permasalahan tersebut, Kulon Progo saat ini sangat siap karena Kulon Progo memiliki potensi yang sangat mendukung.


Untuk pemetaan pemanfaatan wilayah antara lain Wilayah Sentolo dan sekitar untuk pengembangan Industri, Wilayah Temon dan sekitar untuk Bandara dan Pelabuhan, Wilayah Utara untuk Pengembangan Agrowisata, sehingga untuk pengembangan pendidikan di wilayah tengah, yaitu Wates, Pengasih dan sekitarnya, meskipun tidak menutup kemungkinan jika ingin membuka kampus di Wilayah Utara.


Sekretaris Daerah Kulon Progo, Budi Wibowo,SH,MM., juga menyatakan siap membantu dan memberikan beberapa alternatif lokasi yang bisa dipilih.(at-MC).