Puasa Agar Tingkatkan Empati PNS

  • 24 Juli 2012 13:32:59
  • 1347 views

Bupati Hasto Wardoyo berharap agar ibadah puasa bagi PNS di lingkungan Pemkab Kulonprogo bisa meningkatkan empati terhadap kehidupan masyarakat. Sikap empati bisa ditunjukkan dengan penghayatan dan kesungguhan dalam melaksanakan pekerjaan. Sehingga setelah bulan puasa pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik.

 

  Harapan itu disampaikan Hasto saat membuka pelaksanaan Safari Tarawih Pemkab Kulonprogo tahun 1433 H, Senin (23/7) malam di gedung DPRD.


Hadir dalam acara tersebut Wabup Drs H Sutedjo, Ketua DPRD Yuliardi SAg dan segenap pejabat pemkab. Bertindak sebagai imamK Muh Rifki Abdilah dan penceramah Drs HM Wasiludin.

 

  Dengan empati, tambah Hasto, penghayatan terhadap pekerjaan akan semakin tinggi. Pekerjaan tidak hanya dilakukan seperti cara kerja mesin, tetapi dihayati dengan hati. Dengan demikian hasilnya akan lebih baik dan lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat sebagai pemanfaat pelayanan, tandas Hasto.

 

  Di samping hasilnya lebih baik, tutur bupati, dengan empati akan merasa bersalah bila pekerjaannya keliru. Sehingga di waktu berikutnya akan ada upaya perbaikan. "Sebagai PNS bila SILPA-nya tinggi seharusnya bersedih. Karena berarti banyak pekerjaan yang tidak bisa dilaksanakan," seloroh Hasto.

 

  Di bagian lain Hasto berharap agar safari tarawih dapat mempererat tali silaturahmi, baik antar aparat maupun aparat dengan masyarakat. Jalinan silaturahmi, kata dia, akan menjadi salah satu kunci keberhasilan pembangunan daerah.

 

  Menurut Assek I Drs H Sarjana, safari tarawih Pemkab Kulonprogo akan dilakukan sebanyak 14 putaran. Sebanyak 12 putaran dilakukan di 12 wilayah kecamatan dan 2 putaran dilakukan di gedung DPRD sebagai pembukaan dan di rumah dinas bupati sebagai penutupan. ()