JALAN MENUJU WISATA DI KALIBAWANG JADI PRIORITAS

  • 19 Juni 2012 21:48:45
  • 3230 views

Wilayah Kecamatan Kalibawang mempunyai beberapa obyek wisata yang cukup potensial namun demikian kendala koneksitas berupa akses Jalan menuju beberapa obyek wisata tersebut masih sangat memprihatinkan, namun dalam waktu tidak lama jalan-jalan ini harus sudah diperbaiki, sehingga tidak ada alasan apapun terkait sarana wisata berupa akses jalan, tahun 2012 harus sudah halus dan licin.
Hal tersebut dikatakan Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) saat kunjungan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)Ke-9, Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-40 dan HARGANAS Ke-19 di Kecamatan Kalibawang, Selasa (19/6).

 

Dalam kunjungannya Bupati yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK dr.Hj.Dwikisworo Setyowireni,Sp.A(K), beberapa kepala SKPD dan Camat Kalibawang Drs.Nur Wahyudi,MM, menyempatkan sedikit waktunya melakukan gotong royong bersama warga masyarakat. Selain itu juga meresmikan berbagai kegiatan pembangunan baik bantuan pemkab,pemprop, pemerintah pusat maupun swadaya murni masyarakat

"Potensi wisata di Kalibawang seperti wisata Dolan Ndeso, wisata religi Sendangsono dan Ancol, akses jalan menjadi kendala sehingga dalam waktu dekat ini jalan menjadi prioritas, telah masuk program perbaikan agar mulus lancar dan wisatawan lebih banyak dan nyaman,"kata Hasto.

 

Selain obyek wisata, potensi yang lain adalah durian menoreh, komoditas kakao, dan rambutan agar terus dipelihara, sehingga keberadaan pasar buah yang segera di bangun tahun ini di Banjaroyo dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Sementara Camat Kalibawang Drs.Nur Wahyudi,MM mengatakan jumlah bantuan pemerintah pusat, propinsi, kabupaten sampai desa di empat desa di wilayahnya pada tahun 2011 lalu sejumlah Rp.5.005.808.139,- mampu menumbuhkan swadaya masyarakat Rp.1.082.511.500,-.


Sedangkan kegiatan BBGRM, meliputi kerjabhakti pembangunan lumbung pangan Arum Sejati dengan swadaya murni masyarakat Rp.30 juta di Kagongan desa Banjararum, peresmian gedung PAUD program PNPM-MP di Kanoman I Banjararum yang menghabiskan dana Rp.262 juta lebih. Peresmian Pos Ronda hasil swadaya murni masyarakat Rp.11 juta di Pantog Wetan desa Banjaroyo, peletakan batu pertama pembangunan Gudang Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) dari APBN melalui Ketahanan Pangan Propinsi DIY sebesar Rp.150 juta yang didukung swadaya masyarakat Rp.26 juta.


Selain melakukan kerja bakti bedah rumah di tiga lokasi yakni Ibu Wasinah di Kanoman II desa Banjararum, Suharno di Beku desa Banjarharjo, dan Pariyah di Kembangsari desa Banjarasri, yang memperoleh bantuan stimulan dari BLM RTM(Bantuan Langsung Masyarakat Rumah tangga Miskin) Surplus perguliran PNPM-MP antara Rp.8 juta sampai Rp.11 juta, yang penyelesaian pembangunan di dukung swadaya murni masyarakat. Juga melakukan pengecoran perdana dan meresmikan jalan cor beton di beberapa ruas jalan desa yang memperoleh bantuan dana pemerintah yang didukung swadaya masyarakat.