Verifikasi Lomba Desa Tingkat Propinsi 2012 di Desa Ngargosari Samigaluh

  • 30 Mei 2012 10:17:10
  • 2185 views

Desa Ngargosari Samigaluh sesuai hasil lomba desa tingakt kabupaten menduduki peringkat I dan berhak maju lomba desa tingkat propinsi. Lomba tingkat kabupaten dilaksanakan dengan dasar tiga materi penilaian, Desa ngargosari mengalahkan desa nominator lainnya yaitu Banjoroyo dan Hargotirto. Pada kesempatan itu juga diserahkan hadiah dan uang pembinaan kejuaraan lomba balita sehat tingkat desa oleh Hendar Susilowat, SH.
Verifikasi lomba desa tingkat propinsi dilaksanakan Selasa (29/5) di Balai Pertemuan Desa Ngargosari Samigaluh. Sebelumnya telah dilaksanakan pemaparan potensi desa oleh Kepala Desa di depan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Propinsi. Gubernur DIY dalam pidato sambutan tertulis yang dibacakan Ketua Tim Peniliai Hendar Susilowati, SH, mengatakan bahwa kegiatan verifikasi dilaksanakan untuk mencocokan data yang dipaparkan Kepala Desa dengan keadaan di lapangan.


Wakil Bupati mengharapkan bahwa Desa Ngargosari bisa menjadi pemenang dalam lomba ini dan bisa maju ke tingkat nasional. Hal ini juga disampaikan oleh Hendar yang juga Kepal Biro Tata Pemerintahan Propinsi. "Saya mempunya mimpi dan ingin mewujudkan mimpi tersebut. Mimpi saya adalah Desa Ngargosari menjadi juara I Lomba Desa Tingkat Propinsi'.


Potensi unggulan desa Ngargosari adalah pengolahan minyak atsiri. Setiap rumah tangga di desa ini rata-rata memiliki pohon cengkeh. Dari sampah daun cengkeh dikumpulkan kemudian disetorkan kepengepul untuk dioleh menjadi minyak atsiri. Di Desa Ngargosari terdapat sembilan sentra produsen minyak atsiri yang setiap sentra kurang lebih membutuhkan sepuluh tenaga kerja.(mc)