KULON PROGO BERPARTISIPASI DI BOROBUDUR INTERNATIONAL HASH

  • 28 Mei 2012 12:21:41
  • 1795 views

Olah raga hash merupakan salah satu jenis olahraga yang sampai saat ini masih tetap digemari, karena olahraga semacam ini mengasikkan, mudah diikuti, tidak memerlukan biaya banyak, serta dapat menyehatkan tubuh.


Partisipasi Kulonprogo dalam International Hash 2012 tersebut dalam kategori Super Long Route, yang start dari Dam Ancol menuju Suroloyo dan finish di Borobudur. Ratusan peserta dilepas oleh Wakil Bupati Kulonprogo, pada hari Sabtu (26/05), pukul 10.00 WIB.


Meskipun lokasi start berada di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, namun untuk pengamanan hasher super long route tersebut bekerja sama dengan Magelang. Di Dam Ancol, petugas kepolisian dibantu antara lain oleh anggota Kokam dan Banser dari 3 kecamatan di Kabupaten Magelang yang mengerahkan 100 personelnya. Uniknya, para anggota Banser memakai baju batik, peci dan berkalung sarung. Pakaian ini merupakan upaya untuk menciptakan perasaan aman dalam Interhash 2012 tersebut.


Diharapkan dengan partisipasi ini , Kulonprogo dapat memperkenalkan berbagai tempat wisata yang ada di Kulonprogo. Apalagi dengan kondisi topografi Kulonprogo bagian utara yang berbukit-bukit, tentunya memberikan panorama yang indah yang dapat dikembangkan menjadi potensi wisata pegunungan.


Namun sayangnya, para peserta Interhash 2012 di Dam Ancol belum disediakan sarana toilet, sehingga banyak peserta yang buang air sembarangan di sekitar Sungai Progo. Diharapkan Balai Besar Serayu-Opak yang mengelola dam tersebut memberi izin supaya Dam Ancol dibangun sebagai salah satu obyek wisata di Kulonprogo, sehingga bisa dibangun sarana prasarana yang mendukung pariwisata.(mc)