MENTERI PARIWISATA MARI ELKA PANGESTU TERKESAN KULON PROGO

  • 26 Mei 2012 08:38:14
  • 3747 views

Salah satu kegiatan pariwisata kabupaten Kulonprogo yakni Festival Kesenian Rakyat yang menampilkan beragam kesenian dari 12 Kecamatan, digelar usai sholat Jum'at di obyek wisata alam Dolan Deso di desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Jum'at (25/5) mendapatkan kunjungan tamu istimewa yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Mari Elka Pangestu.


Mari yang sebelumnya menjabat Menteri Perdagangan hadir bersama Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Firmansyah Rahim, Kepala Pusat Informasi dan Humas I Gusti Ngurah Putra dan Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Bakri di sambut Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Kadinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Eko Wisnu Wardhana di salah satu rumah yang berbentuk Joglo, sambil menyaksikan kesenian yang sedang tampil.


Selain menyaksikan kesenian, Mari juga mengamati hasil kerajinan masyarakat yang ditampilkan berupa kain tenun, dan kerajinan khas Agel, serta menerima penjelasan dari Bupati tentang rencana kegiatan pada malam hari berupa peluncuran batik khas Kulonprogo, Geblek Renteng di lokasi yang sama.


Mari Elka Pangestu, sangat terkesan dalam kunjungan singkat di Kulonprogo tepatnya di obyek wisata alam Dolan Deso, yang banyak di kunjungi wisatawan untuk tinggal beberapa hari menikmati keindahan alam dan beberapa khas desa, termasuk makanan karena tidak boleh membawa dari luar.


"Tempatnya sangat luar biasa, asri, nyaman, cocok untuk menjaga tradisi lokal, unik, tempat yang menyatu dengan alam, masih bagus untuk dikembangkan karena banyak yang akan mencari, di kota sudah tidak lagi mengenal hidup dengan alam, kondisi disini menyatu dengan alam, masyarakat bagian dari mereka, dengan menari, batik membuat makanan lokal, Saya mendukung langkah pemkab yang dari kita untuk kita, mengkonsumsi produk lokal, mencintai yang kita miliki,"terang Mari Elka Pangestu, yang acara pokok mengikuti kunjungan Presiden selama dua hari Jum'at dan Sabtu (25-26/5) di Jawa Tengah dan DIY .


Mari, mengingatkan untuk tetap menjaga kualitas termasuk disain, sedangkan pemerintah pusat akan membantu pendampingan agar standar kualitas disain bagus. "Saya yakin daerah ini akan berkembang, dan semoga saya kembali lagi ke Dolan Deso ini tetapi sebagai wisatawan biasa, saja,dan maaf sekali tidak bisa hadir untuk acara malam nanti yang tentu sangat meriah"katanya.


Sementara Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) mengatakan di Kulonprogo sebenarnya terdapat obyek wisata pantai, tetapi adanya beberapa program seperti rencana pembangunan bandara, pelabuhan yang berada di pesisir selatan, sehingga obyek wisata berkembang di pegunungan yang salah satunya Dolan Deso.


  "Untuk pengembangan wisata di Kulonprogo kendalanya adalah konektifitas infrastruktur berupa jalan menuju lokasi, sedangkan kedepan di setiap obyek wisata ada modul pembelajaran, sehingga siswa SD sampai SLTA wajib untuk datang di obyek wisata yang ada di Kulonprogo sebelum berkunjung di obyek wisata luar Kulonprogo,"kata Hasto.


  Hasto menambahkan dalam mengembangkan pariwisata di Kulonprogo selalu sinergi dengan pemerintah pusat yakni kepariwisataan yang didukung oleh ekonomi kreatif.(mc)