EKSPEDISI TALUNOMBO TEMPAT WISATA KHUSUS

  • 27 Mei 2012 09:30:58
  • 2926 views

Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), beserta beberapa kepala SKPD, anggota DPRD dapel Pengasih-Kokap dan Camat Kokap Santosa,SIP.MSi beserta rombongan club motor trail menyusuri jalan di pedukuhan Talunombo desa Sidomulyo Kecamatan Pengasih.


  Acara yang dikemas dalam Ekspedisi Talunombo, Bupati beserta rombongan harus naik sepeda motor untuk menuju lokasi yakni sungai Gembor yang airnya berasal dari mata air Goa Kiskendo dan Puncak Gunung Bangkong.


  Camat Pengasih Santosa,SIP,MSi mengatakan di lokasi sungai Gembor yang memisahkan pedukuhan Talunombo dan pedukuhan Tangulangin keduanya masuk wilayah desa Sidomulyo, berharap Pemkab membangun Bendungan untuk mencukupi kebutuhan air warga masyarakat, sekaligus Bendungan nantinya menjadi akses jalan sebagai sarana transportasi kedua pedukuhan.


  "Karena selama ini harus melingkar sejauh 8 Km melewati desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo. Selain mendapat dukungan penuh warga masyarakat yang siap melakukan padat karya, pembangunan bendungan tidak mengusur rumah warga karena sebagian besar tanah kas desa,"katanya.


  Sedangkan di lokasi Puncak Gunung Bangkong yang terdiri dari beberapa titik, sebagai lokasi yang strategis untuk melihat pemandangan sekitar berupa pegunungan menoreh maupun dari kejauhan Kota Yogyakarta, sehingga diperlukan prasarana gardu pandang.


  Hal yang sama dikatakan tokoh masyarakat setempat Paidi Setyono, bahwa dusunnya masih tertinggal yang disebabkan sarana transportasi berupa jalan belum memadai, sehingga mengusulkan jalan aspal yang menghubungan Secang dan Talunombo sepanjang 1,5 Km, selain itu untuk mendukung pengembangan agrowisata minta dibantu beberapa bibit buah-buahan yang berkualitas seperti Duku, jeruk, Alpukat dan Kelengkeng. Sedangkan dalam waktu dekat akan membuat padepokan seni.


  Dalam kesempatan itu, beberapa pimpinan BUMD yang datang yakni PDAM dan Perusda Aneka Usaha akan membantu material untuk membangun Gardu Pandang. Sedangkan dalam pembangunan Padepokan Seni terkumpul bantuan Rp.5,3 juta melalui ide dari Bupati dengan menulis di selembar kertas kerelaan sumbangan yang diedarkan semua yang hadir dan diberi batas waktu dua bulan untuk merealisasikan.

Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), sangat mengapresiasi warga masyarakat Talunombo yang mengembangkan wilayah menjadi agrowisata, dan diakui bahwa sarana transportasi berupa jalan selalu menjadi kendala utama dalam mengembangkan kepariwisataan di Kulonprogo. (mc)