DALAM BEDAH RUMAH, BUPATI TIDAK SREG PAKAI TENDA

  • 27 Mei 2012 18:26:48
  • 2029 views

Selain kesederhanaan dalam hidup yang terus di gelorakan oleh Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), program ini juga tak luput dari kegiatan-kegiatan resmi yang dilakukan oleh Pemkab Kulonprogo. Hal ini seperti program Bedah Rumah yang terus dilakukan setiap hari Minggu.


  Pada hari Minggu (27/5) tempat Bupati melakukan bedah rumah lansia milik Sagi di pedukuhan Kulwaru Kulon desa Kulwaru Kecamatan Wates dan Sumidi di pedukuhan Sideman desa Giripeni Kecamatan Wates, kedua lokasi penyambutan terpasang beberapa tenda beserta kursi plastik.


  Dalam kesempatan memberikan sambutan anatara lain Bupati minta untuk acara Bedah Rumah yang terus akan dilakukan setiap hari Minggu di acarakan secara sederhana, karena peralatan yang harus menyewa dapat dialihkan untuk membantu menyelesaikan pembangunan rumah yang sedang dikerjakan.


  "Untuk kegiatan Bedah Rumah ini tidak usah pakai tenda, sederhana, biasa saja, lebih baik biaya sewanya untuk membantu pembangunan rumah saja,"pinta Hasto.


  Selain itu Bupati minta masyarakat untuk hidup hemat tidak boros serta peduli dengan sesama, dan memakai produk-produk Kulonprogo atau lokal.

 
  Menanggapi permintaan Bupati tersebut, Kades Kulwaru Legiman maupun Ketua Panitia Pembangunan Rumah milik Sumidi, yakni Martono secara terpisah mengungkapkan bahwa segala kebutuhan penyambutan baik tenda kursi hanya memanfaatkan milik desa maupun kelompok sehingga tidak ada pungutan maupun sewa.


  Dalam bedah rumah milik Sagi yang sebelumnya tinggal sehari-hari bersama istrinya di rumah reyot bersama kambing dan ayam di dalam rumah tersebut, memperoleh bantuan dari BAZDA Kabupaten Rp.10 juta yang diserahkan langsung Ketua umum Drs.Sarjana serta bantuan spontan warga saat kunjungan Bupati yang terkumpul sebesar Rp.885.000,-.


  Sementara rumah Sumidi yang ide awal dari beberapa warga ketika sedang merumput di sawah, dan hampir selesai tinggal membangun dapur memperoleh bantuan bersumber album kemiskinan Rp.2 juta dari Hartini yang sehari-hari ketua IBI Kulonprogo, Camat Wates Sri Utami,M.Hum dan juga Bupati.


  "Saya turut membantu, tetapi pesen tolong sebagian untuk membeli ayam atau kambing dan kita doakan semoga nanti bisa berkembang untuk mendukung ekonomi keluarga,"pinta Hasto, kepada Sumidi yang sebelumnya berasal dari pedukuhan Sindon desa Hargorejo Kecamatan Kokap. (mc)