SERAHKAN BANTUAN LANSIA BUPATI SHOLAT SUBUH DI BUGEL

  • 30 April 2012 13:06:45
  • 2526 views

Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), didampingi Asisten Pemerintahan Setda,Drs.H.Sarjana,MSi, Kadinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Drs.Riyadi Sunarto, Kepala Kantor Pos Wates, Sugandi turut serta sholat subuh bersama jamaah Masjid Baitus Salam di Blok 2 Desa Bugel, Senin (30/4). 
Usai melaksanakan sholat subuh berjamaah, Bupati menjelaskan maksud kedatangannya. Selain silaturahmi, juga mohon doa restu kepada masyarakat atas amanah yang diberikan memimpin Kulonprogo yang tidak ringan dan mudah sehingga dapat berjalan lancar dan sehat atas ridlo Alloh SWT. Dalam kesempatan itu Bupati yang berlatar belakang dokter juga memberikan sedikit tauziah kepada para jamaah sholat tentang manfaat gerakan -gerakan dalam sholat dari segi kesehatan.


"Sebenarnya sholat subuh bersama ini tidak hanya sekali ini saja tetapi sudah yang ketiga kalinya, bahkan juga sholat Tahajjud, meskipun yang sebelumnya hanya dilakukan di Masjid AtTaubah dekat Rumdin, yang sekaligus kedatangan ini akan saya sampaikan bantuan kepada beberapa lansia "terang Hasto yang didampingi Camat Panjatan Drs.Eka Pranyata.


Di masjid tersebut beberapa lansia yang menerima bantuan dari Kementerian Sosial RI melalui Dana program Asistensi Sosial Lansia terdapat 4 orang meliputi Simbah Keminem, Darto Utomo, Sarmo Utomo dan Sadikem warga Desa Bugel.


"Niki simbah angsal bantuan arto kathahipun Rp.200 ewu saben sasi, saklawase urip, utawi angsal pensiun, trus sik niki pun dirapel 4 sasi dadi nompone Rp800 ewu, diagem kebutuhan sik sae nggih mbah ampun nggi tumbas pulsa (Ini Simbah dapat bantuan uang besarnya Rp.200.000/bulannya, selama hidup atau mendapat pensiun, ini dirapel 4 bulan jadi menerima Rp.800.000,-, dipakai untuk memenuhi kebutuhan yang penting, jangan untuk beli pulsa,"pesan Hasto kepada setiap penerima yang disambut gerr semua yang hadir.


Sedangkan bantuan kepada para lansia yang lain Bupati menyempatkan diri memberikan bantuan dengan langsung mendatangi dari rumah ke rumah, yang diawali ke rumah Kasan Taruno dan Soyem yang keduanya masih di pedukuhan I Bugel, kemudian Ny.Martono, di Dukuh I desa Pleret, Reso Taruno di Pedukuhan I desa Nomporejo. Amat Sahid atau Wasinem di Banaran Galur yang tinggal di rumah reyot bersama ayam peliharaannya, Somi atau Merto Sudarmo di Sidaan Banaran Galur, Ginah dan Saminem di pedukuhan IX desa Kranggan dan terakhir Daliyem atau Pawirodiharjo di Brosot Galur.


Kepada para penerima yang masih sehat usai menerima bantuan Bupati tidak lupa selalu mohon untuk didoakan para pejabat di Kulonprogo dalam menjalankan tugasnya. "Niki simbah pun angsal bantuan,trus sakniki kulo nyuwun dongane jenengan, dongake Kulo pak Camat kabeh niki sak isone Jowo mboten nopo-nopo (Ini simbah sudah menerima bantuan, terus sekarang minta didoakan simbah, Saya pak Camat semua yang ada disini, sebisanya Bahasa Jawa juga tidak apa-apa"pinta Hasto saat berada di rumah reyot milik Simbah Wasinem.
Meski tidak begitu lancar karena sangat terharu, lansia yang tinggal sendirian dan tidur bersama Ayam peliharaannya ini dengan dibantu Bupati mendoakan semua yang hadir. "Alhamdulilah kulo diparingi bantuan pak Bupati, matur nuwun mboten saget nopo-nopo mugi gusti Alloh paring pangestu wilujeng, pun cekap semanten (Alhamdulilah, Saya diberi bantuan pak Bupati, terimakasih tidak bisa berbuat apa-apa, semoga Alloh memberi doa restu sehat selamat, sudah ini saja) ,"ujar Simbok Wasinem yang di amini semua yang hadir.


Sedangkan ditempat dua lansia yang satunya stroke yakni Ginah dan Saminem di pedukuhan IX desa Kranggan Bupati mengatakan tidak ada maksud tersembunyi apalagi pencitraan dibalik kegiatan yang dilakukan. Hanya meluruskan niat dan ikhlas untuk silaturahmi kepada warga lansia yang kondisinya memprihatinkan, karena ada yang sakit bahkan tidak punya keturunan, padahal dana telah cair sehingga cepat untuk disalurkan kepada yang berhak.


"Tidak ada pamrih sama sekali kegiatan ini, untuk apa pamrih sudah pagi-pagi buta ibadah subuh, hujan lagi, hanya melurukan niat dan ikhlas mendatangi para Lansia miskin ini, nanti kalau punya pamrih malah pahalanya jadi hilang,"terang Hasto yang saat itu juga hadir Nur Sasmito,ST anggota DPRD DIY asal Galur.
  Sementara Kadinas Sosnakertrans Drs.Riyadi Sunarto mengatakan bantuan dari Kementerian Sosial RI melalui Dana program Asistensi Sosial Lansia tahun 2012 yang diterima Kulonprogo sejumlah 140 penerima, untuk Lansia miskin dengan jumlah bantuan perbulan Rp.200.000,- sampai meninggal dunia.Untuk pendistribusian bekerjasama dengan Kantor Pos se-Kulonprogo dimana petugas Pos mendatangi di rumah masing-masing.(mc)