SRIKAYANGAN MENJADI DESA BINAAN KAGAMA KULON PROGO

  • 30 April 2012 10:18:15
  • 2385 views

Sebagai wujud pengabdian Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Kulon Progo telah ditandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Ketua Umum Pengurus Cabang Kagama Kulon Progo dengan Kepala Desa Srikayangan Kecamatan Sentolo pada Sabtu, 28 April 2012 di Balai Desa setempat yang dihadiri Bupati Kulon Progo, Camat Pengasih, Tokoh masyarakat Desa Srikayangan, serta Ketua Paguyuban Camat, Kepala Desa dan Dukuh.


Dalam sambutannya H. Toyo Santoso Dipo selaku Ketua Umum Pengurus Cabang Kagama Kulon Progo menyampaikan bahwa Kagama akan bekerjasama membantu untuk kemajuan Desa Srikayangan dari aspek penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Pembangunan Sarana dan Prasarana, serta Pembinaan Sosial Budaya. "Kami memilih Desa Srikayangan karena terbukanya potensi pengembangan yang dimiliki sangat besar. Kedepan kalau program ini berhasil akan kami tularkan ke desa-desa lainnya " tutur pak Toyo. Langkah pertama yang akan dilakukan Kagama adalah membentuk Tim Peneliti Potensi Pengembangan Desa yang beranggotakan pengurus dan tokoh masyarakat Srikayangan.


Kepala Desa Srikayangan, Sumarsono, SIP mengungkapkan kebanggaan dan terima kasih karena desanya terpilih sebagai Desa Binaan Kagama. Hal ini juga karena banyaknya Alumnus UGM yang saat ini sukses antara lain menjadi dosen UGM, bekerja di instansi pemerintah dan bidang usaha lainnya. "Alumni Kagama diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan desanya" tandasnya.


Selanjutnya Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K) yang juga sebagai Dewan Pertimbangan Organisasi Kagama mendukung setiap upaya yang mendorong percepatan kemajuan masyarakat Kulon Progo.

 "Berbagai mega proyek yang telah dirintis pak Toyo sudah mulai terlihat realisasinya, masyarakat harus siap menyongsongnya, sehingga mendapat multiplayer ekonominya" sambut Bupati. Selain itu juga merasa senang pada acara ini, karena dapat bertemu dengan guru SMAnya B. Jiyono, BSc. (Ketua BPD Srikayangan) dan dosen pada saat kuliah di UGM dr. Sugandhi (dosen UGM, dokter spesialis forensik RSUP Dr. Sarjito) yang keduanya hadir sebagai putra asli Desa Srikayangan. Mudah-mudahan pengabdian "sesepuh" ini dapat menjadi teladan dirinya dan masyarakat.