Peringati 1 Abad Sri Sultan HB IX, Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat Bantu Sembako

  • 25 April 2012 14:45:45
  • 1312 views

Dalam rangka memperingati Satu Abad Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX sekaligus menyambut Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-256, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memberikan bantuan sembako kepada masyarakat Kulonprogo. Bantuan dari Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat diserahterimakan dari KRT Kusumanegara mewakili pihak Keraton kepada Drs. Sarjana, Asisten I Sekda Kulonprogo di depan Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Rabu (25/4).

Menurut KRT Kusumanegara, wakil utusan Ngarsa Dalem, bantuan tersebut berupa paket sembako sejumlah 10.000 paket yang terdiri dari beras 2 kg, gula pasir 1 kg, dan minyak goreng ½ liter.

"Untuk mekanisme pendistribusiannya kami serahkan kepada Pemkab Kulonprogo," lanjutnya dalam bahasa jawa halus.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Asisten I Sekda Kulonprogo, Bupati menyatakan bahwa saat ini masyarakat Kulonprogo masih membutuhkan uluran kepedulian dari berbagai pihak untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya. Baik kebutuhan tempat tinggal, sandang maupun pangan. Hal tersebut terjadi karena berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di Kabupaten Kulonprogo, yang antara lain masih tingginya tingkat pengangguran yang dikarenakan kurangnya lapangan pekerjaan, pendapatan yang masih di bawah UMR, serta pengaruh melonjaknya harga-harga kebutuhan bahan pokok di pasaran.

Dijelaskan pula bahwa Pemerintah Kabupaten Kulonprogo telah melakukan berbagai aksi sosial, seperti melaksanakan program bedah rumah yang dananya berasal dari pengumpulan zakat PNS dan pengumpulan dana dari album kemiskinan. Bupati juga menghimbau agar masyarakat Kulonprogo bisa hidup secara sederhana dan mau membantu masyarakat yang masih merasakan kekurangan.

Terkait keistimewaan Yogyakarta, Bupati Kulonprogo, dr. Hasto Wardoyo dalam sambutannya juga menyatakan Satu Tekad Warga Kulonprogo tetap mendukung Keistimewaan Yogyakarta, di bawah kepemimpinan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam IX.

Menurut Drs. Sarjana, paket sembako tersebut akan diteruskan ke 12 kecamatan yang ada di Kulonprogo dengan prioritas 4 kecamatan, yaitu Kokap, Samigaluh, Girimulyo dan Kalibawang, karena keempat kecamatan tersebut masih banyak masyarakat yang miskin. Pemilihan masyarakat penerima bantuan sembako tersebut didasarkan pada album kemiskinan, merujuk pada indeks kemiskinan.

Seusai menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut, KRT Kusumanegara berharap agar bantuan dapat didistribusikan kepada yang berhak sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama yang membutuhkan. (mc)