JELANG MTQ DIY 2012 DI KULON PROGO, RAKERDA LPTQ DIY DIGELAR

  • 03 April 2012 11:39:07
  • 1292 views

Pemerintah sangat menaruh perhatian dan berterimakasih kepada segenap komponen LPTQ, yang bersama-sama dengan unsur masyarakat membina, dan memelihara kondisi kehidupan yang penuh rasa kebersamaan, kesetiakawanan, kejujuran dan tanggung jawab. Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Kulonprogo, Budi Wibowo, SH, MM, mewakili Bupati Kulonprogo dalam acara Rakerda LPTQ Provinsi DIY tahun 2012, di Gedung Binangun, Selasa pagi (3/4).

Ditambahkan oleh Budi Wibowo, bahwa kondisi yang demikian perlu untuk diwujudkan, mengingat hal tersebut sangat diperlukan bagi keberhasilan dalam memperjuangkan cita-cita masyarakat, yang sejahtera lahir batin di atas bangunan keluarga-keluarga sakinah, yang memegang teguh dalam melaksanakan nilai-nilai mulia dalam Al Qur'an.

"Dengan melihat fungsi LPTQ sebagai sarana komunikasi, sosialisasi pengembagan Tilawatil Qur'an, sekaligus juga sebagai motor penggerak dakwah umat, kiranya perlu untukmengevaluasi kegiatan, introspeksi diri mengambil langkah yang progresif demi kelangsungan kehidupan organisasi sebagai pelayan umat," tuturnya.

Sementara itu, menurut Tri Mulyono, MM, Plt. Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Pemprov DIY yang mewakili Sekda DIY menjelaskan bahwa LPTQ merupakan lembaga yang memiliki peran penting dalam meningkatkan semangat umat Islam untuk membaca, mempelajari serta mengamalkan isi yang terkandung dalam Al Qur'an, karena itu perlu adanya pemberayaan dan juga pengembangan secara berkelanjutan dengan tidak meninggalkan keikhlasan dan kebersamaan.

"Dalam menghadapi perubahan zaman, LPTQ perlu melakukan perubahan paradigma baik dari segi kelembagaan maupun program kerja. Untuk itulah Rakerda LPTQ kali ini harus dilaksanakan dan peserta rapat bisa mengisi forum dengan berbagai pemikiran, masukan dan partisipasi agar membuahkan hasil yang bermanfaat," lanjut Tri Mulyono.

Tri Mulyono juga berharap agar Rakerda ini tidak hanya membantu dan mensupport kepengurusan LPTQ periode mendatang, namun juga dapat menggali ide dan saran berbagai karya pikir dari seluruh peserta untuk bagaimana Al Qur'an dengan seluruh isinya menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Islam di Provinsi DIY, baik sebagai nilai maupun norma.

Menurut Drs. H. Zainal Abidin, MPdi., Pgs. Kakanwil Kemenag Prov. DIY, Raker kali ini bertujuan mengevaluasi program kerja LPTQ dan pelaksanaannya, meningkatkan fungsi dan peran LPTQ di semua tingkatan dalam menghadapi tantangan dan hambatan di era global sekarang ini, mencari dam mengembangkan SDM qori'/qori'ah, hafidz/hafidzah DIY, dan membuat rekomendasi.

Ditambahkannya, raker ini diikuti oleh 50 peserta terdiri dari Pengurus LPTQ DIY periode 2010-2013 (25 orang), Pengurus LPTQ Kabupaten/Kota (10 orang), dan pengurus LPTQ Kecamatan wakil Kabupaten/kota (15 orang). (mc)