PELANTIKAN PENGURUS DPC HKTI KULON PROGO PERIODE 2012-2017

  • 02 April 2012 10:20:51
  • 1927 views

DPD HKTI (Himpungan Kerukunan Tani Indonesia) DIY Ir.Bayu Yanuardi mengharapkan agar kepengurusan baru DPC HKTI Kulonprogo benar-benar bisa berpihak pada kepentingan petani. Dalam kegiatannya, diharapkan agar dapat mengadvokasi kepentingan-kepentingan petani sehingga meningkatkan kesejahteraan petani di Kulonprogo.

  "Mengenai dampak megaproyek di wilayah pesisir Kulonprogo yang mengakibatkan alih fungsi lahan, Bayu mengatakan, pihaknya berharap agar petani jangan sampai terpinggirkan. Menurutnya, petani yang kehilangan lahan bisa direlokasi ke lahan lain yang berpotensi untuk lahan pertanian,"terang Bayu dalam pelantikan pengurus DPC HKTI Kulonprogo yang baru masa bakti 2012-2017di aula Kantor Ketahanan Pangan dan penyuluhan Pertanian Perikanan kehutanan (KP4K) Kulonprogo, Minggu (1/4).

  Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HKTI Kulonprogo, Suwito mengatakan kepengurusan baru berencana menjalankan revolusi putih bagi petani. Program ini mempunyai misi menyiapkan generasi petani yang cerdas agar tidak ketinggalan dengan negara lain.

  Menurut Suwito, yang dimaksud revolusi putih tersebut yakni program mengajak anak-anak petani yang masih usia sekolah untuk minum susu dan makan makanan bergizi. Program ini direncanakan bisa dimulai Agustus mendatang dengan memanfaatkan produk-produk lokal Kulonprogo sendiri.

  Dicontohkannya, untuk konsumsi susu bagi anak-anak petani tersebut bisa mengambil atau memanfaatkan produksi susu kambing PE. Dimana di wilayah pegunungan di Kulonprogo selama ini banyak peternak kambing PE namun pemanfaatan susunya belum optimal. Selain itu dalam program tersebut juga mendorong pemanfaatan produk makanan bergizi lokal seperti telur dan daging.

  "Setelah pelantikan ini kami akan segera mengadakan rakercab untuk membentuk kepengurusan di tingkat kecamatan. Kemudian akan mengadakan program revolusi putih, untuk menyiapkan generasi cerdas petani kita agar tidak ketinggalan dengan petani negara lain," katanya.

  Selain itu, program yang akan dijalankan kepengurusan baru yakni bela beli Kulonprogo. Realisasi konkritnya yakni membantu pemasaran produk pertanian dari Kulonprogo. Untuk itu HKTI Kulonprogo akan berkoordinasi dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) di tingkat provinsi dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) di pusat.

  "Kami akan koordinasi dengan DPD dan DPP untuk pendanaan dan penyaluran pemasarannya. Komoditas andalan di Kulonprogo sendiri seperti beras juga daging sapi maupun kambing," ujarnya.

  Kepengurusan baru yang dilantik tersebut merupakan hasil musyawarah cabang (muscab) yang digelar 29 Januari 2012 lalu untuk menggantikan kepengurusan periode 2007-2011. Pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua DPD HKTI DIY, Ir.Bayu Yanuardi. Acara antara lain dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Ir.Bambang Tri Budi Harsono, Kepala KP4K Ir.Maman Sugiri, dan Asisten Administrasi Umum Sekda Drs.Djoko Kushermanto,MM. (mc)