WARGA PENDOWOREJO GIRIMULYO KERJABHAKTI REHAB RUMAH ; Terharu, Pemilik Rumah Sempat Pingsan Dua Kali

  • 30 Januari 2012 10:47:51
  • 1316 views

Suasana haru nampak terasa ketika ketika Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) bersama Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo dan rombongan dari pemkab Kulonprogo tiba di lokasi kerjabhakti melakukan rehab rumah milik Ny. Tatik Suryantini, di pedukuhan Kepek Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, Minggu (29/1).

Beberapa warga pedukuhan Kepek yang sejak pagi telah kerjabhakti termasuk Kades Pendoworejo Landung Wiyono, Camat Girimulyo Drs.Widodo dan mantan camat Drs.Sumiran menyambut kedatangan orang nomor satu di Kulonprogo.

Setelah menjelaskan kondisi rumah kepada salah satu tamu rombongan yakni ustadz Farid dari Jakarta yang mengisi siraman rohani pagi sebelumnya di rumah dinas Bupati, pemilik rumah Ny.Tatik Suryantini datang menyambut kedatangan Bupati dan Wabup dengan bersalaman serta menangis tersedur-sedu melihat rumahnya yang di rehab sehingga jatuh pingsa.

Bahkan ketika Direktur utama Perusda Aneka Usaha M.Dalduri menyerahkan dana CSR sebesar Rp.10 juta dan Bupati menyerahkan beberapa bantuan peralatan rumah tangga Ny. Tatik yang tinggal serumah dengan cucunya Tama sangat terharu dan kembali pingsan.

Dalam kesempatan itu Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) dalam sambutannya lebih banyak menceritakan tentang awal di lihatnya serta kondisi bagian atas rumah yang sangat memprihatinkan sehingga saat hujan turun semua air masuk kerumah.

Pemilik rumah bersama cucunya tidur di pojok rumah yang juga kena air sewaktu hujan turun sehingga di atas tempat tidurnya di kasih lembaran plastik untuk menghindari air yang langsung mengenai tempat tidurnya.

Karena sebagian besar bambu dan kayu penahan genteng berupa reng, usuk dan rangka atap telah lapuk karena dimakan usia.

“Dua minggu lalu saat hujan saya bersama pak Kades dan Camat mampir di rumah ini, dan memang sangat memprihatinkan sekali karena tidak ada sama sekali yang bebas dari air hujan, semua air masuk ke rumah, alhamdulilah dengan solidaritas dari masyarakat dibantu CSR dari Perusda Aneka Usaha dapat dilakukan kerjabhakti untuk memperbaiki rumah ini,”terang Hasto yang didampingi Komandan Kodim 0731 Kulonprogo Letkol Inf Tommy Siagian.

Dalam kesempatan itu Hasto seperti biasa terus mengajak masyarakat untuk meningkatkan solidaritas sosial karena disekitar kita masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran bantuan.

Seperti diketahui Bupati Kulonprogo bersama Wabup dan beberapa SKPD setiap hari Minggu melakukan kerjabhakti untuk memotivasi warga masyarakat yang melakukan rehab rumah tidak layak huni yang dananya diambilkan dari Album Kemiskinan.

Kegiatan sekaligus sebagai sarana untuk menyampaikan bantuan yang dana tersebut disalurkan langsung oleh penyumbang sehingga Bupati hanya menyaksikan saja.

 Dengan demikian dana yang disalurkan tersebut tepat sasaran bahkan tidak ada potongan karena langsung diterima utuh dan tunai.(mc)