PIK REMAJA SEHATI GELAR ROADSHOW SOSIALISASI TRIAD KRR

  • 30 Januari 2012 09:25:58
  • 3198 views

Selama tahun 2012, PIK Remaja "Sehati" Desa Tawangsari akan fokus pada kegiatan sosialisasi Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) ke dusun-dusun yang ada di Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih. Hal ini dilakukan dalam rangka membantu pemerintah desa untuk mencegah atau menekan kasus-kasus yang terkait dengan seksualitas, napza dan HIV/AIDS. Target yang ingin dicapai adalah mewujudkan remaja Desa Tawangsari yang bebas dari kasus triad KRR sekaligus terbentuk Tegar Remaja yaitu remaja yang berperilaku baik, mau menunda usia pernikahan, serta dapat menjadi idola dan panutan bagi remaja seusianya.

Hal ini terungkap dalam sambutan ketua PIK Remaja "Sehati" Nita Arfiani pada saat sosialisasi Triad KRR di Dusun Tegal Perang, Sabtu malam (28/1). Dalam sambutannya, Nita Arfiani juga mengungkapkan bahwa PIK Remaja Sehati yang berdiri di pertengahan tahun 2011 telah beberapa kegiatan antara lain:  Pelatihan Pengurus dan Pendalaman Materi pada tanggal 9 Oktober 2011, Pemutaran Film tanggal 16 Oktober 2011, Penyuluhan Kespro dan Psikologi Remaja tanggal 13 November 2012, dan Pemeriksaan Gratis dan Cek Golongan Darah memeriahkan peringatan Hari AIDS Se-Dunia (HAS) 2011.

Dalam acara roadshow sosialisasi triad KRR di Dusun Tegal Perang sendiri, hadir  dan memberi sambutan Kasubid Advokasi dan Pembinaan Kelembagaan KB dan Kesehatan Reproduksi BPMPDPKB Kabupaten Kulon Progo Drs. Mardiya, Kadus Tegal Perang dan beberapa tokoh pemuda dan pengurus PIK Remaja Sehati. Penyajian materi materi yang dihadiri tidak kurang dari 50 remaja se Dusun Tegal Perang ini antara lain: Sosialisasi PIK Remaja Sehati oleh Nita Arfiani, Seksualitas oleh Pendidik Sebaya (PS) Dyah Riharjatin yang juga mahasiswa Kedokteran UGM, Napza oleh PS Rini Kesumawarti yang juga mahasiswa psikologi UII dan sosialisasi HIV/AIDS oleh  PS Rinda Putri M. Setelah penyajian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab.(mc)