BUPATI –DANDIM GOTONG ROYONG BEDAH RUMAH; LAPORKAN ATAU SMS BILA MENEMUKAN DANA BANTUAN DISUNAT

  • 25 Januari 2012 11:04:37
  • 1381 views

Masyarakat diharapkan tidak segan untuk bersikap kritis terhadap adanya penyelewengan bantuan pemerintah terlebih kepada masyarakat miskin yang sangat membutuhkan uluran bantuan.

Karena upaya telah dilakukan di luar dana pemerintah melalui pengumpulan dana dengan mengetuk hati beberapa masyarakat dan perusahaan yang peduli kepada sesama yang masih miskin dalam peluncuran Album Kemiskinan beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) disela-sela melakukan gotong-royong bersama-sama masyarakat saat memugar rumah di wilayah Kecamatan Wates dan Girimulyo, Minggu (22/1).

Dalam program yang dinamai bedah rumah ini, turut mendampingi Dandim 0731 Kulonprogo Letkol Inf Tommy Siagian, Kadinas Sosnakertrans sebagai SKPD pengampu Drs.Riyadi Sunarto, Sekwan Drs.Krisutanto, Camat Wates Dra.Sri Utami,M.Hum, Camat Girimulyo Drs.Widodo, Camat Lendah Drs.Sumiran serta Lurah maupun Kades setempat.

“Terima kasih kepada warga yang telah membantu berupa kayu, bambu maupun tenaganya, dan juga data warga miskin sehingga tidak meleset atau salah sasaran, kalau salah memberi bantuan atau ada yang disunat tolong dilaporkan atau sms Saya, sudah keterlaluan bertentangan dengan hati nurani, perlu disunati lagi itu, kita saja cari dana patungan kesana-kemari kok, ada bantuan kepada masyarakat miskin malah kabarnya dipotong,”tegas Hasto yang didampingi Direktur Utama PDAM Drs.Jumantoro dan anggota Komisi IV Thomas Kartoyo.

Menurut Hasto, jumlah rumah yang tidak layak huni di Kulonprogo sangat banyak sehingga pemerintah tidak mampu membantu semua, peran serta non pemerintah sangat diperlukan seperti bedah rumah yang dilakukan kali ini dari dana non pemerintah yakni CSR-nya PDAM untuk dua rumah masing-masing diantu uang tunai Rp.10 juta, yang dikumpulkan saat peluncuran Album Kemiskinan.

 Selain itu ditambah dari dinas terkait bantuan sembako, alat-alat rumah tangga dan tikar serta tenda. Dandim 0731 Kulonprogo Letkol Inf Tommy Siagian mengatakan beberapa personil dari Kodim dan Koramil diterjunkan untuk membantu pembangunan program bedah rumah sehingga anggota dengan warga bersama-sama gotong royong diharapkan pembangunan cepat selesai. Kadinas Sosnakertrans Drs.Riyadi Sunarto menjelaskan program bedah rumah yang dilakukan meliputi rumah Sugito di Kedungong Rt.81.Rw.36 Kelurahan Wates yang dibantu Sosnakertrans, sedangkan dari CSR PDAM untuk dua rumah di Kecamatan Girimulyo masing-masing rumah Suparman di pedukuhan Grigak Rt.19 Rw.6 Desa Giripurwo, dan Kariyo Dimejo di pedukuhan Ngrancah Rt.54 Rw.26 Desa Pendoworejo. (mc)