BUPATI MELANTIK PEJABAT STRUKTURAL DAN KEPALA SEKOLAH

  • 18 Januari 2012 13:53:04
  • 1658 views

Harus Punya Kepedulian Sosial Tinggi Untuk pertamakalinya Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) melantik dan mengambil sumpah beberapa pejabat struktural dan kepala sekolah.

Pelantikan berlangsung di Gedung Kaca Pemkab Rabu (18/1) yang dihadiri Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo, Ketua DPRD Yuliardi,S.Ag, Forkorpimda, Sekda dan kepala SKPD.

Ada nuansa tersendiri dalam pelantikan kali ini, karena Hasto tetap memanfaatkan kinerja staf ahlinya namun dalam jabatan yang berbeda.

Padahal tidak bisa dipungkiri, menjadi staf ahli Bupati meskipun eselon II kesan yang ada selama ini hanya menjadi tempat buangan pejabat untuk menunggu masa pensiun.

Seperti Drs.Krisutanto yang menjabat staf ahli Bupati Bidang Politik dan Hukum menempati pos baru Sekretaris DPRD, dan Drs.Djoko Kushermanto,MM staf ahli Bupati bidang Ekonomi dan Keuangan menjadi Asisten Administrasi Umum, sementara staf ahli yang ditinggalkan dibiarkan kosong.

Pejabat lain yang dilantik adalah Camat Nanggulan Drs.L.Bowo Pristianto yang menempati pos baru sebagai Kepala Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) sedangkan jabatan Camat Nanggulan yang baru Drs.Jazil Ambar Was’an, yang sebelumnya Camat di Galur, pos camat baru Galur dijabat Latnyana,S.Ag,MM, dan Camat Samigaluh dijabat Drs.Ariadi yang sebelumnya Sekcam Wates, dan Sekcam Girimulyo Purwono,S.Sos pindah menjadi Sekcam Wates.

Selain itu beberapa camat juga mengalami pergeseran, camat Kokap Santoso,SIP,MSi digeser menjadi Camat Pengasih, sedangkan Drs.Widodo yang sebelumnya di Pengasih menempati pos baru Camat Girimulyo.

Drs.Sumiran dari Girimulyo geser di Lendah, dan camat Lendah lama Drs.Eko Pranyata menjadi camat Panjatan, Ir.Aspiyah,MSi dari Panjatan pindah di Sentolo, dan Drs.Agus Subagyo dari Sentolo geser di Kokap.

Sedangkan kepala sekolah yang dilantik diantaranya Anang Sutarta,S.Pd sebagai Kasek SMAN 1 Kokap, Drs.YB Sugiman kasek SMAN 1 Samigaluh, Tri Waluyati,S.Pd kasek SMPN 3 Pengasih, Sri Handayani,S.Pd kasek SMPN 4 Pengasih dan 19 kasek Sekolah Dasar.

Dalam kesempatan tersebut sehari sebelumnya satu orang calon kasek SD mengundurkan diri untuk dilantik.

Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dalam sambutannya berharap pejabat yang dilantik mempunyai komitmen yang tinggi terhadap kepedulian sosial, karena disekitar masih banyak warga masyarakat yang miskin membutuhkan uluran tangan.

“Ada pejabat yang menerima amanah bilangnya inalilah atau musibah namun juga ada yang bersyukur, kepada para camat harus tahu kalau ada warga miskin yang perlu sentuhan bantuan jangan sampai tidak tahu, serta kepala sekolah jangan sampai ada siswa yang miskin masih dibebani iuran yang tidak wajib, nanti akan dipertangungjawabkan kelak diakherat,”kata Hasto.

Menurutnya, pada masa yang akan datang, untuk terus meningkatkan motivasi dan kinerja aparat birokrasi, kiranya seseorang yang akan menduduki jabatan struktural perlu menandatangani kontrak kinerja yang berisikan komitmen dan rencana aksi yang akan dijalankan oleh pejabat yang bersangkutan.

“Kontrak kinerja tersebut akan menjadi salah satu panduan bagi pejabat yang bersangkutan untuk menjalankan misi demi meraih visi organisasi, serta sebagai alat evaluasi bagi pejabat yang bersangkutan.

Hal ini diyakini akan mendorong PNS untuk selalu terpacu dan meningkatkan kemampuannya, sebagai modal dalam bekerja dan meningkatkan kariernya,”katanya.

Sementara bagi para kepala sekolah Bupati berharap para Kepala Sekolah untuk bisa mengelola BOS sesuai dengan kaidah yang berlaku, sehingga dana tersebut dapat tepat sasaran dan tepat manfaat.

 Tidak kalah pentingnya, walaupun masih ada waktu yang cukup lama, untuk menghadapi Ujian Nasional agar dipersiapkan secara matang, sehingga mental para siswa benar-benar siap. Dengan harapan tingkat kelulusan di Kabupaten Kulonprogo ini lebih baik dibanding dengan tahun yang lalu.(mc)