PEMBENTUKAN PENGURUS PAGUYUBAN PENGURUS RT/RW KABUPATEN KULON PROGO

  • 28 Desember 2011 12:45:13
  • 4272 views

Paguyuban Pengurus RT/RW diharapkan menjalin hubungan sinergis antar RT/RW sehingga memunculkan keterpaduan dan saling belajar, baik keberhasilan ataupun kegagalan dari RT/RW lain.

Selain itu, dengan adanya paguyuban ini akses kepada dana bantuan diharapkan bisa semakin mudah.

Demikian diungkapkan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Dra. Sri Harmintarti, mewakili Bupati Kulonprogo, H. Hasto Wardoyo, saat membuka pemilihan pengurus paguyuban RT/RW Kabupaten Kulonprogo, di Gedung Binangun, Rabu (28/12).

Menurut Harmintarti, paguyuban RT/RW tidak bisa lepas dari kerangka hukum Perda No. 9 tahun 2008 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat dan membantu mendukung pemerintahan desa.

Harmintarti juga berharap agar paguyuban ini menjadi jembatan emas untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Kulonprogo.

“Dalam melaksanakan tugasnya, Paguyuban RT/RW ini harus proporsional dan profesional, jangan sampai menjadi tunggangan politik praktis ataupun kelompok kepentingan tertentu.

Selain itu antar RT/RW juga harus bekerja sama dengan RT/RW lain di luar kabupaten serta harus vokal namun tetap memperhatikan asas proporsional dan profesional,” tutur Harmintarti.

Sementara itu, menurut HM Kholid, Koordinator Wilayah Paguyuban RT/RW DIY, Ketua RT/RW harus memiliki semangat dalam melaksanakan tugas, berniat ikhlas melaksanakan tugas untuk beramal sholeh membangun masyarakat.

Kholid menjelaskan bahwa pembentukan paguyuban ini merupakan tindak lanjut dari yang disampaikannya kepada Bupati Kulonprogo saat open house Kamis pagi.

Mujiman, Ketua RW 12 Mutihan, Wates, sekaligus Koordinator Tingkat Kabupaten Kulonprogo menjelaskan, bahwa acara tersebut merupakan wujud fasilitasi Pemda dalam memilih pengurus paguyuban, dengan mengundang sekitar 70 peserta dari seluruh Kulonprogo.

Mujiman juga akan menampung aspirasi pengurus RT/RW yang hadir dalam acara tersebut untuk diteruskan kepada Bupati Kulonprogo.

Proses pemilihan berlangsung lancar, dari beberapa kandidat, terpilih Muhayadi S.Pd. dari Kalibondol, Sentolo sebagai Ketua I Paguyuban RT/RW Kabupaten Kulonprogo, Mujiman dari Mutihan, Wates sebagai Ketua II dan Supriyanto dari Tejogan, Hargorejo, Kokap sebagai Ketua III.

Sedangkan Sekretaris dijabat oleh Widiyanto dari Ngulakan, Hargorejo, Kokap dan bendahara terpilih Muhrodin Yahya, dari Bumirejo, Lendah.

 Selain pengurus inti, dipilih juga koordinator wilayah, yaitu Slamet Sugeng dari Girimulyo untuk wilayah utara, Maryatin dari Kokap untuk wilayah tengah, Mardi dari Depok, Panjatan, Endro dari Lendah sebagai Kabid SDM serta Sarjono dari Temon sebagai Kabid SDA. (mc)