PERMINTAAN AKTA KELAHIRAN NAIK 100 PERSEN

  • 22 Desember 2011 11:55:26
  • 1306 views

Sehubungan dengan adanya dispensasi bagi Akta Kelahiran yang terlambat yang dimulai pada awal September dan berakhir pada 30 Desember 2011 mengakibatkan permohonan pencarian Akta Terlambat menjadi bertambah sangat banyak pada bulan biasa rata-rata per hari antara 40 s.d 50 sekarang perhari rata-rata di atas 100 atau meningkat 100 persen.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kulonprogo, Drs.Bambang Pidegso,MSi hal ini disebabkan karena sebagian besar pengurusan Akta tidak dilakukan pada awal tahun tetapi pada akhir tahun.

Padahal untuk proses penerbitan Akte kelahiran diperlukan penulisan secara manual sehingga diperlukan proses penyelesaian setelah pendaftaran ditutup.

“Penyerahan berkas permohonan penerbitan Akta ditutup pada jam 14.30 WIB dikarenakan kami harus menindak lanjuti penerimaan berkas pendaftaran untuk diproses menjadi Akta diperlukan waktu sampai jam 18.00 WIB,”terang Bambang, Kamis (22/12).

Menurut Bambang yang masuk daftar kandidat Sekwan ini, masih banyaknya antusiasme warga mengurus Akta sebenarnya Dukcapil telah mengusulkan kepada Kementerian Dalam negeri untuk memperpanjang dispensasi, namun sampai saat ini belum ada jawaban.(mc)