dr. Hasto: Kualitas Pendidikan Kulon Progo harus ditingkatkan

  • 30 November 2011 10:33:14
  • 1831 views

Dinas Pendidikan Kulonprogo membutuhkan manajemen yang kuat, karena beban kerja semakin tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya permasalahan yang dihadapi, bukan saja masalah manajemen pendidikan di sekolah, tetapi juga masalah administratif, seperti laporan BOS.

Menurut Bupati Kulonprogo, dr. Hasto Wardoyo, regenerasi untuk pengkaderan jabatan struktural sangat diperlukan Dinas Pendidikan, manajemen akan lebih pas bila pejabat diambil dari struktural. Lebih lanjut dirinya meminta masukan sistem magang yang paling paik dalam struktur di Dinas Pendidikan.

Demikian diungkapkan Bupati Kulonprogo, dr. Hasto Wardoyo, saat bertatap muka dengan para guru dalam acara Sarasehan Guru Kecamatan Kokap, di Rumah Pintar desa Hargotirto, Kokap, Selasa (29/11). Bahkan khusus untuk membuat laporan penggunaan Dana BOS, dr. Hasto mengusulkan supaya menyewa tenaga musiman yang bertugas membuat laporan BOS, sehingga guru tetap fokus mengajar dan tidak disibukkan membuat laporan BOS yang sangat menyita waktu.

Dr. Hasto menambahkan, Pendidikan merupakan salah satu fokus penting dalam pembangunan Kulonprogo, sehingga dirinya akan berusaha sekuat tenaga untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kulonprogo. Hal itu dilakukan antara lain dengan bersilaturahmi ke sekolah-sekolah, berdiskusi dengan pelaku pendidikan, serta memperbaiki sistem dalam Dinas Pendidikan.

Dalam sarasehan tersebut Bupati menampung aspirasi para guru, antara lain kesejahteraan GTT, sulitnya pengelolaan dana BOS, dan siswa yang sering pingsan pada saat upacara karena HB rendah, sehingga menghambat proses belajar mengajar.

Menanggapi hal ini dr. Hasto segera memerintahkan untuk dilakukan screening kesehatan termasuk tingkat sosial ekonominya, terutama di sekitar Pegunungan Menoreh, dan segera diberikan obat melalui Puskesmas secara gratis jika ditemukan kasus. (mc)