PIK REMAJA SEHATI, INTENSIFKAN KIE KRR

  • 31 Oktober 2011 10:03:33
  • 1889 views

Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja "Sehati) Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo sejak terbentuk kepengurusannya 5 Agustus 2011 lalu dan dikuatkan dengan SK Kepala Desa No 11 Tahun 2011, telah berupaya mengintensifkan KIE Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) melalui berbagai kegiatan yang variatif.

 

Di antaranya melalui pertemuan penyuluhan di Balai Desa, pelatihan dan pemantapan bagi pengurus dengan mengundang nara sumber dari Puskesmas, Polsek, Komisi Penanggulangan AIDS, dan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDP & KB) Kabupaten Kulonprogo, dan terakhir pada hari Sabtu malam (29/10) melakukan KIE massa dengan melakukan pemutaran film KB dan Kesehatan Reproduksi.


Menurut Ketua PIK Remaja Sehati Nita Arfiyani yang dididampingi wakilnya Widyayanti menyatakan bahwa berbagai kegiatan yang dilakukan oleh PIK Remaja Sehati didorong oleh keprihatinan para pengurus terhadap derasnya arus globalisasi yang membawa dampak negative terhadap sikap dan perilaku remaja yang cenderung mengarah pada perilaku seks bebas, kekerasan, minum-minuman keras dan penyalahgunaan narkoba. Mereka tidak ingin para remaja Tawangsari mengalami kejadian serupa tanpa ada upaya pengendalian. Oleh karena itu, mereka melakukan upaya pencegahan dengan berbagai kegiatan yang positif dan menarik minat mereka untuk mendengarkan, memahami, mengambil makna dari pesan-pesan yang disampaikan dalam kegiatan tersebut. Harapannya, mereka dapat mengimplementasikan berbagai upaya positif tersebut dalam kegiatan sehari-hari.


"Kami dari pengurus PIK Remaja tidak ingin terjadi degradasi moral pada para remaja di Desa Tawangsari. Oleh karenanya, kami akan terus melakukan KIE tentang KRR ini sehingga seluruh remaja akan terjangkau informasi ini dan mau peduli terhadap kesehatan reproduksinya" katanya. (-mardiya-)