PEMBUKAAN MTQ TINGKAT KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2011

  • 31 Oktober 2011 08:28:44
  • 1486 views

MTQ Tingkat Kabupaten Kulonprogo Tahun 2011 secara resmi dibuka yang ditandai dengan penabuhan bedug oleh Wakil Bupati Kulonprogo, Drs. H. Sutedjo, pada hari Sabtu pagi (29/10), di pendopo Kecamatan Temon, Kulonprogo. Turut hadir pada acara tersebut unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, perwakilan LPTQ Provinsi DIY dan LPTQ Kabupaten Kulonprogo, Kementerian Agama Kabupaten Kulonprogo, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, dan tamu undangan lainnya.

Ketua LPTQ Kabupaten Kulonprogo, Drs. Sarjana, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tema MTQ kali ini adalah "Dengan MTQ kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al Quran bagi masyarakat Kulonprogo".


Menurut Sarjana, tujuan penyelenggaraan MTQ kali ini adalah sebagai sarana syiar Islam dan mengembangkan cinta Al Qur'an supaya bisa diamalkan dalam kehidupan. Selain itu, MTQ juga bertujuan untuk menyiapkan kafilah MTQ Tingkat Propinsi.


Jumlah peserta MTQ Tingkat kabupaten Kulonprogo tahun 2011 sebanyak 280 orang yang merupakan utusan dari 12 kecamatan di wilayah Kabupaten Kulonprogo, MTQ diselenggarakan dalam satu babak pada tanggal 29 Oktober 2011, dengan memperlombakan 5 cabang lomba yang meliputi : cabang tilawah, cabang fahmil Qur'an, cabang syarhil Qur'an, dan cabang khottil.


Selanjutnya dalam sambutannya, Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo menyampaikan bahwa MTQ memiliki arti supaya masyarakat bisa mengamalkan isi dan kandungan al Qur'an. Sutedjo juga mengingatkan supaya pembina dan kafilah MTQ tidak hanya sekedar mencari kejuaraan saja, tetapi MTQ supaya menjadi pendorong bagi umat islam dalam mempelajari dan mengamalkan al Qur'an, karena pengamalan al Qur'an merupakan kebutuhan seluruh muslim, bukan hanya para pembina dan kafilah MTQ saja.(-MC-)