BUPATI MINTA JAMAAH HAJI JAGA KESEHATAN

  • 30 September 2011 09:35:29
  • 1629 views

Untuk kelancaran selama menjalankan ibadah, para calon jamaah haji diminta tetap mengutamakan kesehatan. Hal ini terutama bagi jamaah yang telah berusia lanjut atau menopause, sangat rentan terhadap penyakit, untuk itu perlu kontrol terhadap makanan.


Hal ini dikatakan Bupati Kulonprogo dr. H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) ketika melepas calon jamaah haji kabupaten Kulonprogo di Gedung Kesenian Wates, Kamis (29/9). Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra
Sekda Drs.H.Sarjana, perwakilan dari Kemenag dan Muspida.


"Kepada jamaah yang sudah lanjut supaya tubuh tetap sehat, untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kandungan anti oksidan tinggi seperti buah anggur atau tomat, sedangkan yang gula darahnya tinggi jangan banyak makan yang manis-manis, bagi yang usia lanjut badanya langsing hati-hati jangan sampai terpeleset karena tulangnya mudah retak, namun yang gemuk juga sama saja, karena kalau tidak kontrol bisa tensinya naik akhirnya kena stroke," terang dr.Hasto yang tahun ini juga akan menunaikan ibadah haji.


Bupati yang ahli kebidanan dan kandungan ini juga berpesan kepada jamaah wanita yang berdasarkan pengalaman mendampingi jamaah haji selalu diminta untuk menghentikan menstruasi.


Meski lebih baik membiarkan rutinitas bagi kaum hawa yang masih produktif, tetapi ia menyarankan apabila akan menghentikan agar minum obatnya 7 hari sebelum datang bulan. Sedangkan bagi yang memakai IUD/spiral karena biasanya menstruasi lama, lebih baik melepas alat kontrasepsi sehingga beribadah lebih lancar.


Di bagian lain, Bupati mengakui di tengah-tengah masyarakat sebenarnya masih banyak warga yang sudah mampu berangkat haji tetapi belum terketuk panggilan untuk berhaji, dan sebaliknya ada yang berusaha dan siap dalam beribadah ke tanah suci namun rejeki belum ada.


Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda, Drs.H.Sarjana dalam laporannya mengatakan jumlah calon jamaah haji 1432 H 279 orang dengan rincian 143 laki-laki dan 136 perempuan. Akan diberangkatkan dalam 2 kloter, kloter pertama 39 SOC dengan 251 jamaah berangkat 13 Oktober dan kembali 24 Nopember, sedangkan kloter kedua 90 SOC dengan 28 jamaah akan berangkat 29 oktober dan kembali 8 Desember. Para jamaah haji akan dibimbing oleh dua petugas haji yang dibiayai APBD Kulonprogo yakni Maryno dan Sumari. Sedangkan informasi dari Kemenag DIY daftar tunggu untuk pendaftaran tahun 2011 akan diberangkatkan
2019 mendatang.(MC)