GUBERNUR DIY LANTIK BUPATI DAN WAKIL BUPATI KULON PROGO

  • 25 Agustus 2011 09:26:15
  • 2152 views

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X atas nama Presiden RI melantik dan mengambil sumpah dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) dan Drs.H.Sutedjo sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo periode 2011-2016 dalam Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kulonprogo, Rabu (24/8). Rapat dipimpin Ketua DPRD Kulonprogo Yuliardi,S.Ag yang diikuti pimpinan dan seluruh anggota dewan serta dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) DIY Paku Alam IX, Muspida Propinsi, Bupati Bantul, Bupati Purworejo,Wakil Bupati Sleman dan Gunungkidul, Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof.DR.Bejo Suyanto, Direktur RSUP Sardjito Prof.dr.Budi Mulyono,Sp.PK-K,MM Dekan Fakultas Kedokteran UGM Prof.dr.Ali Ghufron Mukti,M.Sc,Ph.D, beserta guru/dosen dilingkungan FK UGM, pimpinan parpol pengusung (PDIP,PAN,PPP), sementara Dubes Ceko yang diundang berhalangan hadir.


Dalam kesempatan itu juga sekaligus dilakukan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kulonprogo, dr.Dwikisworo Setyowireni,Sp.A(K) oleh Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi DIY GKR Hemas. Selesai acara pelantikan Bupati dan wakil Bupati, serta Ketua Tim Penggerak PKK , acara ditutup dengan buka puasa bersama.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X mengatakan seorang pemimpin bukan sekedar memperlihatkan karakter dan integritas, serta memiliki kemampuan dalam metoda kepemimpinan, tetapi dia harus siap menjadi pelayan masyarakat. "Dalam hal ini, saya juga punya keyakinan, Bupati sebagai seorang dokter yang biasa memberikan layanan holistik kepada pasien, tentu rencana ini bukankah sesuatu yang baru,"kata Sultan.


Lebih lanjut Gubernur mengatakan dengan dukungan Wakil Bupati layaknya seorang C0-Asisten yang memiliki chemistry yang sama, diharapkan duet kepemimpinan ini bisa saling mengisi dalam berbagai gagasan dan tugas secara sinergis. "Kalau membuka dokumen Rencana Kerja Pembangunan Wilayah DIY tahun 2012, potensi dan prospek pembangunan di Kulonprogo sangat menjanjikan, seperti rencana pembangunan Bandara Internasional, Pelabuhan Samudra Tanjung Adikarta, Kawasan Industri Sentolo, dan Jalur Jalan Lintas Selatan,"katanya.


Visi Kulonprogo Sehat harus diimplementasikan lewat misi peningkatan derajat kesehatan rakyat. Salah satu programnya adalah dengan mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, misalnya dengan uji coba layanan Puskesmas 24 jam. "Saya yakin, dengan Bupati yang berprofesi dokter tentu harapan tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil. Harapannya adalah, Kulonprogo Sehat akan tercapai pada akhir masa jabatan Kepala Daerah tahun 2016,"tandas Sultan Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan wakil Bupati lama H.Toyo Santoso Dipo, dan Drs.H.Mulyono yang telah selesai masa pengabdiannya selama lima tahun baik sebagai Abdi Negara maupun Abdi Masyarakat.(MC)