SEBELUM MENGAKHIRI JABATAN, BUPATI BOYONGAN DARI RUMAH DINASNYA

  • 15 Agustus 2011 14:11:15
  • 5828 views

Setelah hampir 10 tahun menempati rumah dinas jabatan sebagai Bupati Kulonprogo di utara Alun -alun Wates,yang masuk pedukuhan Terbah Kelurahan Wates. H.Toyo Santoso Dipo yang segera mengakhiri jabatannya untuk periode kedua pada hari Rabu (24/8) mendatang, otomatis akan meninggalkan rumah milik pemerintah. Kemana tempat tinggal Toyo, setelah tidak lagi menjadi orang nomor satu di kabupaten paling barat di DIY? . Hal ini tentu menjadi pertanyaan sebagian besar warga masyarakat Kulonprogo. Dan jawaban dari pertanyaan itu, Toyo telah mempersiapkan jauh-jauh hari dengan membangun rumah tinggal di desa Tayuban Kecamatan Panjatan atau tepatnya di timur perempatan Nagung 500 meter, selatan jalan.


"Setelah selesai menjabat nantinya saya akan tetap tinggal di Kulonprogo di rumah mewah (mepet sawah) di Tayuban, Panjatan atau tepatnya ke timur 500 m dari perempatan Nagung , Saya satu-satunya Bupati Kulonprogo yang tinggal di Kulonprogo," kata Toyo usai menyerahkan bantuan Sosial, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Profesi di kompleks Pemkab, Senin (15/8). Menurutnya, pindah rumah atau boyongan rencana akan dilakukan Sabtu Kliwon (24/8) mendatang dengan terlebih dahulu tidur semalam di rumah orang tuanya / tabon di desa NgestiharjoWates dan Minggu baru menuju rumah tinggal yang berada di selatan jalan di Tayuban, Panjatan.


"Saya akan pindah rumah pribadi rencana Sabtu mendatang, tapi sebelumnya akan ke rumah di Ngestiharjo Wates tidur semalam, baru Minggunya ke Tayuban Panjatan, karena dulu ke rumah dinas awalnya juga dari rumah di Ngestiharjo, itu juga adalah bagian dari seni bagi orang jawa,"katanya.


Sementara menurut Sukidal kerabat dari keluarga dr.H.Hasto Wardoyo, setelah dilantik menjadi Bupati Kulonprogo Rabu (24/8) mendatang dipastikan dr.H.Hasto Wardoyo belum akan langsung menempati rumah dinasnya meski nantinya telah kosong. Dokter spesialis kebidanan dan Kandungan serta konsultan ahli bayi tabung yang terpilih menjadi Bupati Kulonprogo periode 2011-2016 berpasangan dengan Drs.H.Sutedjo berencana menempati rumah dinasnya Sabtu Pahing (27/8). Kasubag Rumah Tangga, Protokol dan Sandi Bagian Umum Setda Kulonprogo, Mudopati Purbohandowo, SSTP mengatakan rumah dinas sebelum ditempati oleh Bupati yang baru akan dilakukan pembenahan-pembenahan diantaranya pengecatan di beberapa ruangan, serta perlengkapan seperti tempat tidur.

Meski beberapa hari rumah dinas tersebut kosong, namun petugas keamanan tetap disiagakan. "Memang sebaiknya setelah dilantik tidak langsung ditempati dulu, kami akan perbaiki beberapa bagian dengan pembenahan-pembenahan termasuk pengecatan di beberapa ruangan,"kata Mudo yang sehari-harinya menjadi Ajudan Bupati Toyo S Dipo.(MC)