Ruas Jalan di Kulon Progo Siap Untuk Mudik Lebaran

  • 11 Agustus 2011 09:14:50
  • 3591 views

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Kulonprogo menegaskan bahwa ruas-ruas jalan yang ada di wilayah kerjanya telah siap untuk digunakan untuk mudik lebaran tahun ini, dengan diperbaikinya ruas-ruas jalan yang rusak.

Lebaran atau hari raya Idul Fitri selalu identik dengan pulang kampung atau mudik, sehingga kondisi ruas-ruas jalan menjadi faktor penting untuk memperlancar perjalanan mudik yang terjadi rutin setiap tahunnya ini. Hal ini juga terjadi di Kabupaten Kulonprogo.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulonprogo, Eko Susanto, Selasa (9/8), menjelaskan terkait kesiapan jalan untuk mudik Lebaran, jalan yang rusak telah mengalami perbaikan.

Beberapa ruas jalan tersebut seperti jalan dari Gedung Kesenian Wates sampai Kulur Temon, jalur Kenteng Sentolo - Cangakan Lendah dan jalan Glagah - Karangwuni. "Tahun ini beberapa ruas jalan untuk mudik diharapkan selesai perbaikan dengan pemeliharaan rutin," katanya.

Eko menambahkan, di luar pemeliharaan rutin, untuk kesiapan saat mudik, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menyikapi jalur-jalur alternatif sebagai prioritas, sedangkan yang tidak masuk dalam prioritas akan ditunda setelah Lebaran.

Ditemui secara terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kulonprogo Ponimin,BH mengatakan berdasarkan hasil monitoring di lapangan memang banyak dijumpai ruas-ruas jalan yang rusak, termasuk yang menjadi jalur alternatif mudik.

Pihaknya berharap sebelum Lebaran tiba telah selesai diperbaiki melalui pemeliharaan rutin dengan penambalan jalan-jalan yang berlubang.

"Kita berharap untuk memperlancar arus mudik dan mengurangi kecelakaan lalu lintas, perbaikan jalan yang digunakan sebagai arus mudik Lebaran segera selesai, selain itu beberapa titik lampu penerangan jalan yang mati agar segera diganti," katanya. (MC)