PUASA, KERJA TETAP SEMANGAT

  • 01 Agustus 2011 13:16:00
  • 1707 views

Meskipun dalam suasana puasa Ramadhan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur aparatur negara tetap semangat mengabdi tidak boleh loyo apalagi nglokro dengan alasan karena menjalankan ibadah puasa. Masyarakat tetap harus diberikan pelayanan yang baik.


Hal tersebut dikatakan Kabag TI dan Humas Setda Kulonprogo, Rudy Widiyatmoko,S.Sos, di ruang kerjanya Senin (1/8), terkait datanganya bulan suci Ramadhan 1432 H/2011. Sementara itu berdasarkan Surat Edaran dari Pemkab Kulonprogo yang ditandatangani Sekda Budi Wibowo,SH,MM No.800/2086/VII/2011 tanggal 27 Juli 2011 tentang Ketentuan Jam Kerja Selama Bulan Puasa, yang ditujukan ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menyebutkan dalam suasana lima hari kerja, jam kerja PNS selama bulan suci Ramadhan di kurangi 1 jam untuk pulang sedangkan masuk tetap seperti biasa. hari Senin sampai Kamis pukul 07.30 WIB s/d 14.30 WIB, hari Jum'at pukul 07.30 WIB s/d 13.30 WIB dengan ditiadakan kegiatan SKJ/senam, namun apel tetap dilaksanakan seperti biasa.


Sementara pengaturan jam kerja pada sekolah SD,SMP dan SMU atau sedrajat sesuai kalender pendidikan yang berlaku dan bagi SKPD yang menerapkan 6 hari kerja dan atau unit kerja yang berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat luas, agar mengatur penugasan pegawainya sehingga masyarakat tetap mendapat pelayanan yang baik.


"Kepada para PNS yang beragama Islam agar dapat menunaiakan ibadah puasa sesuai syariat agama islam dan memperbanyak amalan-amalan keutamaan bulan suci dengan dilandasi iman dan taqwa serta semangat pengabdian yang tinggi sebagai cerminan akhlaqul karimah," terang Rudy .


Mantan Camat Samigaluh dan Sentolo ini menambahkan kepada PNS yang beragama lain agar dengan semangat toleransi dan kerukunan hidup antar umat beragama tidak menampakkan makan,
minum dan atu merokok pada waktu siang hari di kantor maupun di tempat umum.(-MC-)